Bulan April, kami mempunyai beberapa berita inti seputar industri telekomunikasi nasional. Diawali dengan pengangkatan CEO baru operator XL Axiata, kemudian kemunculan kartu perdana baru dari Indosat, dan diakhiri dengan peluncuran Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge untuk pasar Indonesia.

OPERATOR

komisaris telkom
Jajaran komisaris Telkom

Jajaran Komisaris Baru Telkom
Berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar 17 April 2015 di Jakarta, Telkom melakukan pergatian dewan komisaris. Tercatat tiga komisaris lama diberhentikan dan diganti dengan yang baru. Hasil keputusan RUPST memberhentikan secara hormat tiga orang komisaris, mereka adalah  Komisaris Independen Virano Gazi Nasution, Komisaris Independen Johnny Swandi Sjam, dan Komisaris Imam Apriyanto Putro. Sebagai penggantinya Telkom menunjuk Rinaldi Firmansyah (mantan Dirut Telkom), Margiyono Darsa Sumarja, dan Pamiati Pamela Johanna (Politisi Partai Nasedm).

Dian Siswarini Duduki Pucuk Pimpinan XL

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata.
Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata.

Mengawali bulan April, tepat pada tanggal 1, Dian Siswarini secara resmi memimpin operator selular terbesar kedua di Indonesia ini menggantikan Hasnul Suhaimi. Pengangkatan ini melalui keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di Jakarta dengan jumlah suara setuju sebesar 99,7 persen dengan total pemegang saham yang hadir sebanyak 84,33 persen. Melalui kepemimpinan Dian, Hasnul berharap dapat membawa XL menghadapi tantangan dalam industri telekomunikasi Indonesia di masa depan.

XL Axiata Sediakan Program Bundling Xiaomi Redmi 2
XL Axiata jadi operator pertama yang meluncurkan program paket  menarik untuk Xiaomi Redmi 2. Program bundling ini bisa didapatkan mulai 11 April sampai 31 Mei 2015 di XL Xplor Senayan City, Jakarta. Program bundling ini dibanderol Rp1.649.000. Selain dapat smartphone generasi terbaru dari Xiaomi tersebut, pelanggan juga bakal dimanjakan layanan internet super cepat dengan kuota hingga 9GB per bulan. Sementara bagi pascabayar, bundling ini dapat diperoleh dengan cash back sebesar Rp300.000 dan sudah termasuk paketbdata Super HotRod 4G sebesar 8GB.

TekTok Mobile, Jurus Baru Indosat ”Gaet” Konsumen

Peluncuran TekTok Mobile
Peluncuran TekTok Mobile

Operator selalu memberikan berbagai tawaran bonus menarik seperti gratis layanan data, bonus telefon, sampai gratis SMS, tapi dengan syarat dan ketentuan. Hingga tidak jarang semua bonus tadi, terbuang percuma. Hal tersebut membuat, Indosat mengenalkan produk layanan seluler terbaru, yakni TekTok Mobile. Mengusung tagline “Semua Terserah Gue”, TekTok Mobile merupakan layanan telekomunikasi prabayar yang mempersilahkan pelanggan untuk menentukan besaran kuota data, durasi bicara maupun SMS.

Indosat Hadirkan Super 4G LTE di Tiga Kota
Bagi pelanggan kartu Mentari dan IM3 yang berdomisili di Bali, Yogyakarta, dan Bandung, kini sudah bisa menikmati akses data super kilat melalui jaringan 4G LTE. Indosat mengajak pelanggan untuk merasakan dan menikmati manfaat teknologi ini dengan menukar SIM card dengan nomor yang sama menjadi SIM card khusus Super 4G-LTE secara cuma-cuma di Galeri Indosat yang ada di tiga kota tersebut. Setelah menggunakan SIM card khusus, pelanggan dapat berlangganan paket internet bulanan mulai Rp49 ribu untuk paket data 11GB.

Facebook dan Indosat Sediakan Akses Internet Tanpa Pulsa
Untuk memperluas dan mempercepat penetrasi pengguna internet, Indosat menyediakan akses internet yang tidak membutuhkan pulsa bagi pelanggannya. Bekerjasama dengan Facebook, melalui layanan internet.org, Indosat menyediakan akses internet tanpa pulsa bagi seluruh pelanggan  prabayar maupun paska bayarnya. Melalui layanan ini pelanggan Indosat akan dapat kemudahan dalam akses beberapa layanan seperti update berita, informasi pendidikan maupun informasi seputar cuaca dan iklim.

Tiga Besar Operator Nasional Kompak Sediakan Rekening Hape Bersama Bank Mandiri

Peluncuran Rekening Hape (Foto: Edi/Selular.ID)
Peluncuran Rekening Hape (Foto: Edi/Selular.ID)

Cukup menggunakan nomor ponsel, pengguna bisa langsung melakukan transaksi perbankan. Itulah layanan Rekening Hape hasil kerjasama antara bank Mandiri dengan tiga operator besar, Telkomsel, XL, dan Indosat. Kerjasama ini salah satunya menggunakan konsep co-branding produk uang elektronik sehingga pemasaran dan edukasi dapat lebih efektif dan efisien. Selain itu, masing-masing pihak juga turut mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki. Direktur Consumer Banking Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan kerjasama Bank dengan operator telekomunikasi dengan konsep seperti ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Haier C4 dan Haier G3, Smartphone 4G Perdana Smartfren
Operator CDMA Smartfren tidak lama lagi bakal segera menghadirkan smartphone Andromax yang mengusung teknologi 4G LTE yang diproduksi oleh vendor ponsel asal negeri Tiongkok, Haier. Perangkat selular yang bakal dirilis tersebut adalah Haier C4 dan Haier G3. Dari sisi ukuran, seri G3 mempunyai body yang lebih besar dengan bentang layar 4,5 inchi sedangkan seri C4 hanya memiliki layar 4 inchi. Perbedaan lainnya juga terlihat dari teknologi layar dimana seri G3 mengusung FWVGA sedangkan seri C4 menggunakan WVGA. Kedua ponsel tersebut dipersenjatai dengan prosesor qualcomm snapdragon seri 400 dengan RAM 1Gb dan kapasitas memory 8Gb.

Kamera Selfie, Andalan Smartfren di Andromax C3S dan C3Si
Operator CDMA yang sukses menjual smartphone bundling lewat merek Andromax kian memperbanyak koleksi ponsel selfie dengan merilis produk baru Andromax C3s & C3si. Smartphone yang dirilis oleh Smartfren ini memiliki LED Flash di kedua kameranya. Andromax C3s dan C3si ini dibanderol dengan harga Rp799 ribu bundling dengan perdana Smartfren berikut paket gratis data 600Mb selama 7 hari.

VENDOR

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge Hadir di Indonesia

Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

Di penghujung April, Samsung resmi meluncurkan dua flagship terbarunya Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge di Indonesia. Meski sudah diluncurkan, bukan berarti pengguna langsung bisa mendapatkannya hari ini. Karena produsen ponsel asal Korea Selatan tersebut baru akan melepasnya ke pasar pada tanggal 8 Mei mendatang. Terlepas dari itu, ada satu hal yang menggembirakan yaitu produk teranyar tersebut diproduksi di Indonesia.

Xiaomi Redmi 2 dan MiPad Mulai Dijual
Mengawali bulan April, Xiaomi resmi memperkenalkan dua varian baru jagoannya untuk pasar Indonesia. Sepekan kemudian, ponsel Xiaomi Redmi 2 dan tablet MiPad resmi dijual di situs online Lazada, seharga Rp1,6 juta dan Rp3 juta. Kurang dari 24 jam penjualan perdananya, Xiaomi mengaku berhasil menjual 40.000 unit smartphone Redmi 2 di Indonesia.

Resmi Masuk Indonesia, Asus Sajikan Dua Seri Zenfone 2
Asus Zenfone 2 akhirnya resmi masuk Indonesia. Dipasarkan dengan dua seri (ZE550ML dan ZE551ML) dengan masing pilihan kapasitas storage dan RAM berbeda, dibanderol mulai Rp2.7 juta hingga Rp4,5 juta. Model paling top (termahal) di antara empat varian yang disuguhkan adalah ZE551ML yang dibekali chipset Intel Atom Z3580 CPU Quad-core 2,3GHz, dengan memori internal 64GB dan RAM 4GB. selain komponen tersebut, keempat varian memiliki spesifikasi yang sama. Mulai dari bentang layar 5 dan 5,5 inci dengan resolusi full HD 1.080p, sistem operasi Android 5.0 Lollipop, kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP, ditambah lagi fitur dual-SIM dan konektifitas yang mendukung jaringan 4G LTE.

Dijual Terbatas 300 Unit, Lenovo P90 Ludes Dalam Sekejap
Kehadiran Lenovo P90 di pasar Tanah Air berhasil membuat penasaran para konsumen ponsel yang mendambakan baterai berdaya besar. Menjadi penerus terbaru di Battery series, Lenovo P90 dibekali muatan daya 3900mAh dan prosesor quad-core Intel Atom berkekuatan 64-bit. Pre-order sebanyak 300 unit telah ditutup karena persediaan barang sudah habis. Lenovo P90 membawa spesifikasi layar 5.5 inchi IPS, prosesor quad-core Intel Atom 1.83Mhz, RAM 2GB, memori internal 32GB minus slot microSD, mendukung 4G LTE, dan baterai 3900mAh. Smartphone yang bisa juga diandalkan menjadi powerbank ini dilego sebesar Rp3.999.000.