Ilustrasi Huawei
Ilustrasi Huawei
Ilustrasi Huawei

Jakarta, Selular.ID – Huawei terus mengasah potensi untuk mengurangi ketergantungan terhadap pasokan manufaktur lain. Perusahaan ini bahkan pede memasukkan chipset buatan sendiri, bernama Kirin, agar tidak perlu memakai produk keluaran MediaTek atau Qualcomm yang selama ini dipercaya sebagai produsen prosesor tersohor.

Setelah melakukan riset dan pengembangan selama tiga tahun, Huawei disinyalir bakal menelurkan sistem operasi mobile sendiri, guna tidak lagi perlu memakai OS Android Google atau Windows Phone Microsoft.

Boleh dibilang rencana membuat sistem operasi sendiri adalah juga antisipasi Huawei menghadapi sengketa di ranah ini. Huawei, meski sebagian besar bisnisnya masih berkutat di ranah perlengkapan telekomunikasi, memperlihatkan pertumbuhan yang tidak bisa diremehkan di bisnis smartphone.

Saat ini, Huawei menempati posisi ketiga terbesar di industri smartphone China, di bawah Apple dan Xiaomi. Apalagi, perusahaan berencana melakukan ekspansi ke pasar Amerika Serikat, sehingga memerlukan modal portfolio produk dan segudang pengalaman di bidang teknologi. (bda)