Ollie Salsabeela, technopreneurship (foto: Choi/Selular)
Ollie Salsabeela, technopreneurship (foto: Choi/Selular)
Ollie Salsabeela, technopreneurship (foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Penulis dan technopreneurship, Ollie Salsabeela, memiliki andil bagi perkembangan teknologi di kalangan pelajar. Aktivis wanita ini menyalurkan rasa kepeduliannya pada pendidikan teknologi untuk siswa-siswa prasejahtera melalui sebuah sekolah di SMK Itaco Bekasi.

SMK Itaco Bekasi sudah berdiri sejak 2012. Di sana, para aktivis memberikan pendidikan secara gratis. Sebagai bekal ilmu mandiri, ada juga kurikulum entrepreneurship dan teknologi. Ollie kebagian tugas menjadi mentor dan advisor.

“(Kurikulum) Itu yang akan membedakan pelajar Itaco dengan lulusan lain,” kata wanita yang aslinya bernama Aulia Halimatussadiah, kepada Selular.ID. Pengalaman Ollie di bidang teknologi digital memang tak perlu disangsikan. Dia pernah mendirikan sebuah online self-publishing print yakni kutukutubuku.com dan nulisbuku.com. Dua situs tersebut mampu merangsang 100.000 penulis baru dari berbagai daerah.

SMK Itaco mempunyai website Siswa Wirausaha sebagai sarana menyediakan berbagai jenis jasa yang tak hanya mencakup lingkup telekomunikasi informatika, namun juga berbagai bidang usaha lainnya. “Teknologi itu dipakai untuk sesuatu yang benar. Jangan jadikan untuk konsumtif, tapi jadikan teknologi untuk lebih produktif,” kata Ollie.

Selama masa pembelajaran, para siswa diminta langsung hands-on membuat suatu kreasi berbasis teknologi. Misalnya dari photoshop, mereka bisa merancang desain atau berkutat di pembuatan game dengan format ISO. Kemudian bila sudah selesai, hasilnya bisa dijual atau ikut lomba. “Hasil karya mereka bisa bernilai ekonomi,” ucapnya bangga.

Sejauh ini, SMK Itaco Bekasi sudah memenangkan beberapa penghargaan, seperti juara lomba website, lomba wirausaha, serta lomba bikin logo dan desain, untuk daerah Bekasi.

Melihat jiwa sosial dan pengalaman Ollie sebagai technopreneurship, GrabTaxi sebagai aplikasi jasa layanan taksi turut mendukung upaya Ollie untuk menggalang dana bagi SMK Itaco Bekasi. Dari total keseluruhan donasi Rp400 juta yang terkumpul untuk #Wanita Inspiratif, Ollie Salsabeela menerima galangan dana sebesar Rp10.8 jutaan. Seluruh uang hasil donasi itu bakal disumbangkan bagi sebuah sekolah di Batu, Malang.

“Sekolah tersebut gratis khusus bagi anak yatim piatu dan anak-anak miskin,” tegasnya. (bda)