Suasana di kantor pusar Qualcomm (Foto: Bambang/Selular.ID)
Suasana di kantor pusar Qualcomm (Foto: Bambang/Selular.ID)
Suasana di kantor pusar Qualcomm (Foto: Bambang/Selular.ID)

San Diego, Selular.ID – Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar Qualcomm? Bisa dipastikan, hampir semua akan menjawab sebagai perusahaan yang dikenal memproduksi chipset untuk smartphone dengan berlabel Snapdragon. Memang benar, meski selain itu banyak sekali inovasi yang telah dihasilkan.

Lahir pada Juli 1985, kini Qualcomm genap berusia 30 tahun. Sejak awal, perusahaan ini fokus pada pengembangan teknologi mobile. Bertepatan dengan usia tiga dekade tersebut, perusahaan ini menggelar acara bertajuk Qualcomm Media Week pada 12-13 Mei 2015 waktu setempat (13-14 Mei Waktu Indonesia) dengan mengundang sejumlah wartawan dari berbagai negara untuk datang kantor pusatnya di San Diego, California, Amerika Serikat. Selular.ID diundang secara ekslusif mewakili media dari Indonesia.

Di ajang ini, Qualcomm memaparkan berbagai pencapaian yang telah diraihnya sekaligus mengungkap rencana perusahaan ke depan. Derek Aberle, President Qualcomm Incorporated, mengatakan saat ini Qualcomm telah diakui sebagai pemimpin dunia dalam teknologi mobile dan pemasuk chipset bagi industri nirkabel. “Teknologi mobile telah mengubah segalanya, dari cara kita berkomunikasi dengan sesama hingga cara kita berinteraksi dengan benda di sekeliling kita. Selama hampir tiga dekade, ide dan inovasi Qualcomm telah memengaruhi evolusi teknologi mobile,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Lebih jauh, Derek menjelaskan bahwa penemuan (invention) menjadi jantung bagi bisnis perusahaan. Penemuan ini dianggap mendobrak revolusi mobile yang bisa ditemukan dalam miliaran perangkat di seluruh dunia, dari smartphone, tablet, kamera, mobil, dan sebagainya. “Kami terus mendorong batas-batas kemungkinan, dan tetap tanpa henti untuk mengejar hal yang lebih besar dengan membuat orang lebih terhubung,” katanya. Karena mendapat porsi utama itulah, maka investasi terbesar perusahaan ini dihabiskan untuk riset dan pengembangan yang jika dikalkulasi selama perusahaan berdiri, nilainya mencapai USD 36 miliar.

BACA JUGA:
GoPro Hero 7 Gunakan Qualcomm Vision Intelliegence 200

Berikut ini catatan pencapaian yang telah berhasil diraih Qualcomm dari masa ke masa:

1985 – Qualcomm Berdiri
Perusahaan ini didirikan oleh tujuh orang yaitu Dr. Irwin M. Jacobs, Dr. Andrew Viterbi, Harvey White, Franklin Antonio, Andrew Cohen, Klein Gilhousen, dan Adelia Coffman. Di tahun yang sama, Qualcomm menandatangani kontrak pertama dan mulai mengembangkan teknologi nirkabel digital CDMA yang digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk komunikasi aman. San Diego yang merupakan pusat pangkalan militer Ameria Serikat dijadikan Qualcomm sebagai markas besar.

1988 – Menjadi Pionir M2M
Pada Agustus 1988, perusahaan meluncurkan OmniTRACS, yaitu sistem komunikasi data berbasis satelit untuk industri transportasi yang memungkinkan operator armada truk secara efektif melacak dan memantau kendaraan mereka di lapangan. Di akhir tahun, Qualcomm menerima pesanan perdana OmniTRACS dalam jumlah besar dari Schneider Nasional Trucking Company.

1989 – Berhasil Membuat Ponsel CDMA
Qualcomm dan PacTel Cellular mendemonstrasikan ponsel CDMA pada 50 pemimpin paling berpengaruh dalam industri nirkabel.

1991 – Menjadi perusahaan publik
Pada December 1991, Qualcomm melakukan exit strategy dengan menggelar penawaran saham perdana (IPO) dan membuat 4 juta saham yang tersedia untuk publik di NASDAQ.

1993 – Memposisikan Sebagai Pelopor Mobile Internet dan Memperbesar CDMA
Pada Februari 1993, mendemonstrasikan layanan paket data dasar (TCP / IP) melalui CDMA, menjadi pelopor konektivitas mobile internet. Maret 1993, memperkenalkan ponsel dual-mode CDMA-AMPS yang pertama di industri. CD-7000 adalah ponsel CDMA pertama yang didesain Qualcomm. Juli 1993, Asosiasi Industri Telekomunikasi AS mengadopsi CDMA sebagai standar selular. Ini memvalidasi model bisnis Qualcomm dan membuka pintu untuk teknologi digital ini berkembang secara global.

BACA JUGA:
Geekbench Ungkap Ponsel Pertama dengan Snapdragon 675

1995 – Mulai Menyuplai Infrastruktur Serta Membuat Divisi Chipset dan Lisensi, CDMA Diluncurkan di Hong Kong
Maret 1995, Qualcomm berkolaborasi dengan Nortel memasok peralatan infrastruktur jaringan CDMA dan Personal Communication Services (PSC) untuk BC Tel Mobility of British Columbia, Kanada. Oktober 1995, membentuk unit bisnis CDMA ASIC Producst yang pada 1999 berevolusi menjadi Qualcomm CDMA Technologies (QCT) yang menyediakan jajaran lengkap solusi berbasis CDMA. Sekarang dikenal sebagai pemimpin di industri semikonduktor, software developer dan provider. Di bulan Oktober, perusahaan membentuk divisi Qualcomm Technology Licensing (QTL) untuk memfasilitasi transfer teknologi dan pembangunan aliansi strategis. Lisensi paten sekarang menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar perusahaan. Di bulan yang sama, Hutchison meluncurkan layanan CDMA komersial pertamanya di Hong Kong sekaligus ekspansi perdana CDMA di luar kawasan Amerika.

1996 – CDMA Mengglobal
Di tahun ini, Bell Atlantic, PrimeCo, SKT (Korea Utara) dan Telefonica (Peru) meluncurkan CDMA secara komersial. Pada waktu itu, hingga akhir tahun pengguna CDMA di seluruh dunia mencapai 1 juta.

1998 – Smartphone CDMA Pertama
Di September 1998, Qualcomm memperkenalkan smartphone pdQ CDMA yang berbasis sistem operasi Palm. Sayangnya, sistem operasi yang dulu sempat populer tersebut kini sudah tiada.

BACA JUGA:
Qualcomm Kembangkan 5G untuk Berbagai Sektor Industri di Indonesia

1999 – CDMA2000 1X Diterima Menjadi Standar 3G
Organisasi International Telecommunications Union (ITU) memilih CDMA2000 1X dan WCDMA sebagai standard 3G nirkabel yang berlanjut pada 2001 dengan CDMA2000 1X EV-DO.

2001 – Memperkenalkan Brew dan Menandai Lisensi ke-100
January 2001, meluncurkan platform aplikasi terbuka Brew untuk ponsel CDMA. Brew yang diklaim sebagai cikal bakal application store didesain untuk menjadi solusi bagi industri nirkabel yang memungkinkan developer lebih mudah membuat dan memonetisasi aplikasi. Di tahun ini juga, Qualcomm menandatangan lisensi ke-100 yang membuktikan nilai portofolio kekayaan intelektual dan memvalidasi model bisnis perseroan sebagai katalis untuk pertumbuhan dan inovasi dalam industri nirkabel.

2003 – Chipset Mendukung HSDPA
May 2003, meluncurkan chipset WCDMA generasi keempat yang mendukung solusi HSDPA untuk akses internet cepat. Handset WCDMA juga diperkuat fungsionalitas multimedianya seperti video konferensi, streaming video, music playback, gaming, serta fitur kamera dan camcorder.

2005 – Prosesor Scorpion
November 2005, memperkenalkan mobile microprosesor Scorpion yang menawarkan kecepatan 1GHz.

2007 – Memperkenalkan Chipset Snapdragon
Meluncurkan platform Snapdragon dengan dua chipset perdana diperkenalkan yaitu tipe QSD8250 dan QSD8650. Ini menjadi momentum Qualcomm yang menghadirkan chipset cepat dengan performa handal dan kaya fitur. Di tahun ini juga, Qualcomm ditahbiskan sebagai market leader untuk mobile chipset.

2008 – Chipset Dipakai Ponsel Android Pertama
Oktober 2008, ponsel Android pertama di dunia HTC T-Mobile G1 diluncurkan dengan memakai chipset MSM7201A.

2009 – Chipset Multimode 3G/LTE Terintegrasi
Di Februari 2009, Qualcomm memperkenalkan chipset multimode 3G/LTE terintegrasi yang pertama di dunia. Chipset tipe MSM MSM8960 ini mendukung semua standar mobile broadband terkemuka. Di tahun ini juga, pelanggan CDMA mencapai setengah miliar.

BACA JUGA:
Snapdragon Wear 3100, Platform Baru Qualcomm Untuk Produk Smartwatch

2010 – Koneksi 3G Melampaui 1 Miliar
Dengan meningkatnya kebutuhan smartphone dan mobile broadband, pada April 2010 koneksi 3G (CDMA2000, WCDMA dan TD-SCDMA) di seluruh dunia melampui 1 miliar. Sementara itu pada Juli 2010, memamerkan sampel chipset Dual CPU Snapdragon MSM8x60TM dengan kecepatan 1,2 GHz.

2011 РAkuisisi Atheros, Proyek AllJoyn, Chipset 2,5GHZ
Qualcomm mengakuisisi perusahaan teknologi LAN/WLAN Atheros. Perusahaan juga meluncurkan proyek open source AllJoyn yang merupakan inisiatif untuk pengembangan internet of things. Masih di tahun yang sama, Qualcomm meluncurkan generasi baru Snapdragon dengan kode Krait yang menawarkan kecepatan hingga 2,5GHz. Selain itu, di tahun ini mereka meluncurkan platform Augmented Reality yang kemudian dinamai Vuvoria dan memasuki bisnis baru di bidang solusi kesehatan dengan Qualcomm Life.

2013 – Memperkenalkan Smartphone LTE-Advanced Pertama
Prosesor Snapdragon 800 memperkuat smartphone LTE-Advanced yang pertama, Samsung Galaxy s4 LTE-A yang menawarkan kecepatan data hingga 150 Mbps.

2015- Konsep Mobil Pintar Maserati dan Teknologi Fingerprint Sense ID 3D
Di ajang CES 2015, Qualcomm dan QNX memamerkan teknologi otomotif masa depan. Mereka mengembangkan teknologi mobil konsep pada Maserati Quattroporte yang mendemonstrasikan mobil pintar dengan fitur infotainment dan keamanan. Selain itu, di tahun ini Qualcommjuga memperkenalkan Snapdragon Sense ID 3D yang diklaim merupakan teknologi autentikasi 3D fingerprint berbasis ultrasonik yang pertama di industri.

Museum Qualcomm yang menampilkan berbagai inovasi dari Qualcomm dari masa ke masa (Foto: Bambang/Selular.ID)
Museum Qualcomm yang menampilkan berbagai inovasi dari Qualcomm dari masa ke masa (Foto: Bambang/Selular.ID)