
Meski telah memasuki titik jenuh (saturated), tak ada yang menyanggah bahwa industri selular tetap prosopektif. Meroketnya konsumsi data, membuat pasar optimis bahwa era second curve telah dimulai, menggantikan basic service (SMS dan voice) yang cenderung melandai sejak beberapa tahun terakhir. Pada akhirnya, kita melihat investasi di bidang ini tak pernah surut.
Meski prospektif, indutrsi telekomunikasi di tanah air, tergolong tak ramah, apalagi bagi pendatang baru. Pasalnya, model open market membuat kompetisi terbilang keras karena begitu banyaknya pemain di masing-masing bidang.
Dengan kondisi yang tergolong hyper competition, para pemain memang tak boleh lengah. Operator, misalnya mau tak mau harus terus memodernisasi jaringan karena era internet cepat berbasis 4G LTE sudah dimulai.
Tapi apakah era 4G akan mengubah peta pasar? Tentu waktu yang akan menentukan, mana brand yang mampu bertahan dan kemudian unggul, mana juga brand yang keselip kemudian sempoyongan dan akhirnya tinggal sejarah. Apa pun itu, model open market yang selama ini dianut Indonesia dan regulasi yang kerap berubah membuat pasar tetap dinamis. Alhasil hanya mereka yang adaptif dengan perubahan yang akan terus bertahan dan menjadi pilihan pelanggan.
“TEBAR ANCAMAN PARA ‘KUDA HITAM’”. Itulah tajuk utama yang diangkat oleh Majalah SELULAR di edisi Juni 2015. Dalam rubrik ini, para pesaing di industri telekomunikasi membeberkan manuver dan strateginya untuk menggoyang sang penguasa pasar. Antara lain dari pihak operator, vendor ponsel, sampai vendor jaringan.
Selain itu, ada beberapa artikel menarik seperti “Menghipnotis Pengguna Dengan Flash Sale” di rubrik trend, “Operator Merambah Bisnis Online” di rubrik Business, studi kasus kisah Intel Bergerak Cepat Karena Kalah Start, sampai beragam review lengkap dari ponsel-ponsel baru yang beredar di pasar.
Berikut ini daftar konten Majalah SELULAR Edisi Juni 2015:
TREND
Menghipnotis Pengguna Dengan Flash Sale, Roadmap To Internet Of Everything
FOCUS
Geliat ‘Kuda Hitam’ Di Industri Telekomunikasi Indonesia
BUSINESS
Operator Merambah Bisnis Online, Benci Tapi Rindu Pada OTT, Simbiolis Mutualisme Operator dan Bank, Ramai-ramai Masuki Pasar Terbuka, Upaya Merebut Lombok
CASE STUDY
Intel Bergerak Cepat Karena Kalah Start
BENCHMARK
4G Menjadi Dilema Operator di Vietnam
INDICATOR
Alasan Orang Indonesia Aktif di Media Sosial
CHATTING
Nick Lee: Country Director of Consumer Business Group Huawei Indonesia
COMMUNITY
Brand Ambassador Gratisan
REVIEW
OnePlus One
Acer Liquid Z520
Wiko Highway 4G
Xiaomi Mi Pad 7.9
Lenovo Yoga Tablet 2 Pro
Asus Zenfone 2
Evercoss Elevate V Tab
SHOWCASE
LG G4
Huawei Honor 4C
Sony Xperia C4
Lenovo A5000
Xiaomi Mi 4i
Huawei P8 Lite
MARKET
Ponsel 2G Riwayatmy Kini, Parade Smartphone Dengan RAM 1GB
STORE
Samsung Experience Store
INNOVATION
Teknologi Infrastruktur Garapan Google, Menyatukan Mobil dan Smartphone Di Dunia Hiburan
KNOW HOW
Dapur Pun Semakin Canggih
POLICY
Menanti Kematian Ponsel 2G
PROMO BERLANGGANAN:
Dapatkan T-Shirt Gratis setiap berlangganan 1 tahun