Data Center_1,2 : (ki-ka) Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya bersama VP Enterprise and Carrier XL Habib Mustain, menerima sertifikasi Internasional yaitu, ISO/IEC 27001, ISO/IEC 20000-1 dan sertifikat TIER III Design dari Uptime Institute, Amerika Serikat untuk Layanan Data Center, di Jakarta. Jumat (8/5/2015).
Yessie D Yosetya, Chief Digital Service Officer XL Axiata bersama salah satu pelanggan data center XL (Foto: Indra/ Selular.ID)
Yessie D Yosetya, Chief Digital Service Officer XL Axiata bersama salah satu pelanggan data center XL (Foto: Indra/ Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Dalam bisnis layanan data center, XL Axiata menyasar segmen korporasi sebagai target pelanggannya. Saat ini pelanggan korporasi di level Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menguasai hampir 65 persen layanan yang dihadirkan oleh operator selular terbesar kedua di Indonesia ini.

Keberadaan UKM yang jumlahnya mencapai 59 juta di Indonesia ini tentunya menjadi ceruk pasar tersendiri bagi layanan penyimpanan data dan komputasi awan. “Dari total UKM tersebut hanya 75 ribu UKM yang sudah melek internet, tentunya angka ini sangat potensial sekali untuk digarap,” jelas Yessie D Yosetya, Chief Digital Service Officer XL Axiata.

Jumlah pelanggan layanan data center dan Cloud XL saat ini masih terbilang kecil hanya sekitar 130 pelanggan korporasi saja. Sehingga peluang untuk memaksimalkan layanan ini masih sangat besar. “Sampai akhir tahun target kami dapat 250 pelanggan korporasi yang menggunakan layanan data center dan cloud,” diakuinya.

XL saat ini juga tengah melakukan studi mengenai kebutuhan IT oleh UKM dan dari hasil kesimpulan sementara akan ada 17 kota yang menjadi target XL dalam menggarap segmen UKM untuk layanan data center ini.

UKM yang menjadi target XL adalah pelaku yang sudah mengerti internet dan sadar akan kebutuhannya terhada Information Technology (IT) tetapi tidak tahu bagaimana mengelola data centernya.

Selain itu menurut Yessie untuk meningkatkan penggunaan layanan ini beberapa waktu lalu di Yogyakarta, XL telah menghadirkan program usahawan yang menawarkan solusi cloud dan data center bagi para pelaku UKM.

Paket program yang ditawarkan kepada UKM tersebut diakui Yessie harganya sangat kompetitif. Dengan harga yang minimum pelanggan sudah mendapat url sendiri.

Selain harga kompetitif yang menjadi nilai lebih dalam layanan ini, XL juga menawarkan kemudahan bagi para pelaku UKM dengan menyediakan template siap pakai dan user friendly untuk mengembangkan website-nya.