Thursday, November 21, 2019
Home News Jakarta Fair Kemayoran 2015 Targetkan 5 Juta Pengunjung dan Transaksi Rp5 Triliun

Jakarta Fair Kemayoran 2015 Targetkan 5 Juta Pengunjung dan Transaksi Rp5 Triliun

-

Press conference Jakarta Fair Kemayoran 2015
Press conference Jakarta Fair Kemayoran 2015

Jakarta, Selular.ID – PT Jakarta International Expo (JIE) kembali menyelenggarakan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015 sebagai event pameran multiproduk dan arena hiburan keluarga terbesar se Asia Tenggara. Event ini akan digelar di Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dan akan berlangsung selama 38 hari, mulai 29 Mei hingga 5 Juli 2015.

Event yang  diselenggarakan oleh JIE bersama Pemprov DKI Jakarta dalam rangka merayakan HUT Jakarta ke-488 ini akan diikuti oleh 2.700 perusahaan peserta pameran yang tergabung dalam 1.500 stand, dan diisi berbagai acara hiburan seru untuk keluarga. Ditargetkan event ini akan dikunjungi oleh 5 juta orang dengan total nilai transaksi mencapai Rp 5 trilyun.

Penyelenggaraan pada tahun ini merupakan yang ke-48 kalinya, bertepatan dengan musim liburan sekolah dan dua minggu terakhirnya telah memasuki Bulan Suci Ramadhan 1436 H.
Tema tahun ini adalah “Semangat Jakarta Fair Kemayoran, Semangat Indonesia” dengan sub tema “Semangat Jakarta Fair Mengajak Bersama Membangun dan Meningkatkan Stabilitas Ekonomi Bangsa” yang dimaksudkan ini adalah pameran multiproduk terbesar yang sekaligus merupakan cermin kemajuan ekonomi kita. Diharapkan semangat peningkatan produktifitas, peningkatan kreatifitas, serta semangat inovasi di bidang industri dan perdagangan yang ada di dalam Jakarta Fair Kemayoran 2015 dapat menjadi pemicu peningkatan stabilitas ekonomi nasional di masa-masa mendatang.

 

Wisata Belanja
Jakarta Fair Kemayoran diharapkan menjadi tujuan utama wisata dan belanja keluarga. Pada event ini ribuan perusahaan memamerkan produk unggulan dengan harga promosi dan berbagai hadiah langsung. Mereka berasal dari kalangan perusahaan multinasional, perusahaan besar, menengah, hingga pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari sedikitnya 22 propinsi di Indonesia.

Aneka produk unggulan yang akan dipamerkan diantaranya mobil, sepeda motor, furniture, lighting fixtures, handycraft, produk garmen & textile, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, komputer, alat olah raga, kosmetik, herbal & medicine, makanan dan minuman, perbankan, telekomunikasi, multimedia, property, berbagai produk jasa, hingga berbagai produk kerajinan.

Anjungan Pemprov DKI Jakarta akan menempati satu hall tersendiri di Hall-C1. Juga terdapat zona khusus untuk pameran produk otomotif di Hall B1 dan B2, juga terdapat aneka produk fashion produksi dalam dan luar negeri. Bahkan fashion merk terkenal seperti Zara, Mark Spencer, Samsonite, dan Nine West juga akan dijual dengan harga khusus. Pameran berbagai produk ini akan menempati 11 hall ditambah area Gambir Expo, Gedung Pusat Niaga, dan area Open Space JIExpo.

Tahun ini JIE menambah luas area pameran dengan membangun satu hall baru yakni Hall-B3 dan C3 seluas 10 ribu meter persegi. Hall baru akan berisi stand-stand pameran multiproduk, fashion, peralatan elektronik, dan anjungan BUMN, Pemprov dan Pemkab dari seluruh Indonesia.

Seluruh area pameran didukung sarana dan prasarana memadai seperti kebersihan berstandar internasional, adanya nursery room dan musholla di setiap hall, dan seluruh area pameran aksesibel bagi lansia dan kaum difable. Terdapat ratusan toilet, serta sarana parkir yang mampu menampung lebih 10 ribu mobil dan 20 ribu sepeda motor.

Untuk mempermudah akses pengunjung menuju lokasi, pihak panitia Jakarta Fair bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta menyiapkan bus Transjakarta Kemayoran Ekspress. Masyarakat bisa menuju Jakarta Fair menggunakan bus Transjakarta Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) dan dari Halte Landas Pacu dilanjut menggunakan bus Tansjakarta Kemayoran Ekspress menuju Arena JIExpo. Panitia juga menyiapkan shuttle bus dari Arena JIExpo ke Lapangan Parkir IRTI Monas, Stasiun Kemayoran, Mall WTC Mangga Dua, dan juga ke Rusunawa Kemayoran.

Jakarta Fair Kemayoran 2015 akan dibuka setiap hari mulai pukul 15.30 sampai 22.00 WIB pada hari biasa dengan tiket masuk Rp 20 untuk hari Senin, dan Rp 25 ribu untuk Selasa sampai Kamis, sedang hari Jumat tiket masuk seharga Rp 30 ribu. Hari Sabtu dan Minggu Jakarta Fair akan dibuka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB dengan tiket masuk Rp 30 ribu.

Dengan tiket masuk seharga tersebut para pengunjung berkesempatan mendapat berbagai hadiah seru, antara lain satu buah mobil setiap minggu dan satu buah sepeda motor setiap hari. Total ada 5 buah mobil dan 38 sepeda motor, dimana hadiah grand prize berupa mobil Fortuner TRD Sport.

Hiburan Keluarga
Selain diisi aneka pameran perdagangan, Jakarta Fair Kemayoran juga akan diisi berbagai acara hiburan keluarga seperti konser musik nonstop 38 hari di panggung utama, aneka pertunjukan budaya selama 38 hari di panggung Gambir Expo, karnaval budaya, kabaret show dan cosplay, aneka pertunjukan seni budaya Betawi, serta berbagai acara hiburan menarik di stand-stand pameran. Tahun ini di arena Jakarta Fair Kemayoran juga akan dibuka 7 ruang bioskop menampilkan film-film 5 dimensi yang pasti seru.

Sejumlah band dan penyanyi papan atas Indonesia yang dijadwalkan tampil antara lain Iwan Fals, Slank, Agnez Mo, Godbless, Afgan, Tulus, Tony Q, Raisa, Maliq & D’Essentials, juga ada Cita Citata, Ayu Ting Ting, dan lain-lain. Di Panggung Budaya Gambir Expo akan ditampilkan berbagai pertunjukan seperti stand-up comedy, jazz night, dance, musik country, dangdut religi, dan pertunjukan budaya dari berbagai daerah.

Berbagai pertunjukan seni-budaya dan sajian kuliner Betawi juga dapat dinikmati di Kampung Betawi, yakni area seluas 2 ribu meter persegi di Jakarta Fair yang khusus didedikasikan untuk para seniman dan budayawan Betawi. Panggung Kampung Betawi akan diisi penampilan Sanggar Haji Bokir, Kubil, Haji Tonah, Maryati/Munaroh, Oglek Wakwaw, dan juga akan ada Kompetisi Abang None Cilik.

Sementara itu memasuki Bulan Suci Ramadhan pada dua minggu terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2015, pihak panitia juga menyiapkan berbagai kegiatan seperti takjil gratis bersama, tarawih di panggung utama, ceramah oleh para ustadz, dan juga pertunjukan aneka seni budaya Islami.

* Disclaimer:
Selular.ID adalah media partner dari event Jakarta Fair Kemayoran 2015

Latest