Yumi, robot dua tangan yang memiliki fungsi kolaboratif penuh, besutan ABB
Yumi, robot dua tangan yang memiliki fungsi kolaboratif penuh, besutan ABB
Yumi, robot dua tangan dengan fungsi kolaboratif penuh pertama di dunia, besutan ABB

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan yang bergerak di bidang energi dan teknologi otomatisasi, ABB, memperkenalkan YuMi. Adalah robot dua-tangan yang diklaim perusahaan sebagai yang pertama di dunia yang memiliki fungsi kolaboratif penuh untuk penggunaan industri. YuMi baru saja diperkenalkan pada ajang pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe (13/4/2015).

ABB mengungkapkan bahwa proses produksi terus berubah dengan cepat, khususnya di industri elektronik, di mana terjadi lonjakan permintaan produk melebihi jumlah pekerja ahli yang tersedia. Menurunnya nilai yang diperoleh industri dari penggunaan metode perakitan konvensional, menurut ABB, akhirnya membuat banyak perusahaan menyadari nilai strategis dan ekonomis dari investasi untuk solusi industrial baru.

Untuk itu ABB memperkenalkan era baru kerjasama kolaboratif antara manusia dan robot, yang memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas yang sama dengan rekan manusia-nya.

Ulrich Spiesshofer, CEO ABB, mengatakan bahwa YuMi dikembangkan melalui proses penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun. Ulrich meyakini hasil kerja kerasnya akan mengubah cara interaksi manusia dengan robot. YuMi merupakan salah satu elemen dari strategi “Internet of Things, Services and People” yang diterapkan perusahaan untuk mewujudkan masa depan teknologi otomatisasi.

Saat ini ABB mengoperasikan lebih dari 250,000 robot di seluruh dunia.

Berita sebelumyaMobil Audi 2016 Akan Adopsi Fasilitas 4G LTE
Berita berikutnyaPerkuat Bisnis Jaringan, Nokia Akuisisi Alcatel-Lucent