Audi 4G LTE
Amerika, Selular.ID – Mobil masa depan akan terkoneksi melalui teknologi mobile, khususnya teknologi 4G LTE. Produsen mobil mewah, Audi, dan operator AT&T mengumumkan rencana akan membawa konektivitas 3G, LTE (Long Term Evolution), dan 4G ke dalam semua kendaraan Audi untuk model tahun 2016. Multimoda 4G LTE akan secara otomatis terhubung dengan sinyal mobile terbaik yang ada untuk berinternet, berbagi, tersinkronisasi, dan berbicara hampir di mana saja. Koneksi LTE ini juga diharapkan bisa menghadirkan media hiburan yang lebih lengkap seperti bisa nonton film HD secara streaming.

Kurang dari 20 model mobil keluaran Audi tahun 2016 yang bakal terintegrasi dengan AT&T antara lain A3, S3, Q3, A4, S4, Allroad, A5, S5, Q5, SQ5, A6, S6, A7, S7, RS7, TT, TTS, A8, dan S8. Di dalam mobil, sudah bisa dimasukkan sebuah kartu SIM AT&T yang bisa tersambung langsung ke jaringan LTE (4G) melalui sistem Audi Connect dan secara otomatis akan menyuguhkan WLAN Hostspot untuk browsing, baik di sistem dashboard maupun smartphone.

Kemampuan akses WiFi hingga delapan perangkat menjadi keunggulan kompetitif bagi brand Audi. “Kami telah dan berniat untuk tetap inovator di bidang ini,” ujar Filip Brabec, Director of product management Audi.

Berjalan di jaringan AT&T, pelanggan bisa menikmati beragam peningkatan layanan informasi dan navigasi via update over the air dan integrasi aplikasi mobile dengan akses ke lebih dari Stasiun 7.000 Web radio. Aplikasi seperti Google Earth dan Google Map juga hadir disini berkat bantuan koneksi LTE sehingga perjalanan bakal semakin nyaman dengan pilihan peta yang lebih lengkap serta menyediakan informasi lainnya mengenai petunjuk jalan, kondisi lalu-lintas, hingga kondisi cuaca. Bagi penggiat media sosial, ada juga Facebook dan Twitter yang diberikan fasilitas perintah suara sehingga bisa baca dan update status tanpa melihat ke layar ponsel supaya lebih aman.

Bicara kecepatan akses internet, jaringan 4G LTE memang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan dibandingkan 3G. Pihak AT&T bakal mengenakan biaya pemakaian internet tambahan sebesar USD50 per bulan.

Teknologi LTE di mobil bukan hal baru bagi Audi karena sudah lebih dulu ada di Audi S3. Bedanya, Audi menggandeng operator T-Mobile, yang tetap bergantung pada Audi Connect. Sistem konektivitas ini sendiri sudah tersedia di 182.000 unit dan menjadi fitur wajib bagi mobil Audi yang dijual tahun lalu.(bda)