Ilustrasi layanan vehicle telematics berbasis M2M
Ilustrasi layanan vehicle telematics berbasis M2M
Ilustrasi layanan vehicle telematics berbasis M2M

Jakarta, Selular.ID – Layanan machine to machine (M2M) Indosat hari ini mengeluarkan solusi baru yang dinamakan Vehicle Telematics. Solusi M2M ini dirancang untuk mengelola armada secara lebih efisien dengan merekam dan menganalisa pola penggunaan yang dikirimkan secara realtime melalui jaringan selular (GPRS/3G/4G) dan dapat diakses melalui smartphone (Android dan iOS).

Joy Wahjudi, Director & Chief Sales & Distribution Officer Indosat, mengatakan bahwa Vehicle Telematics merupakan solusi terbaik bagi perusahaan yang memiliki banyak armada seperti transportasi, logistik, distribusi.

Berbagai data operasional armada dapat terekam dalam layanan ini antara lain pemakaian bahan bakar, pola berkendara dari setiap pengemudi, perencanaan rute perjalanan, sampai kejadian penting dalam operasional kendaraan seperti rem mendadak, banting stir, dan sebagainya.

Data-data di atas dapat digunakan dalam melakukan berbagai analisa sehingga meningkatkan performansi dan produktivitas, mengurangi biaya/efisiensi serta pengawasan keselamatan pengemudi maupun aset perusahaan.

Cara kerjanya cukup mudah, plug and play. Sebuah dongle berisi SIM card Indosat akan dipasang pada kap mobil tipe OBD II, dan pengguna bisa memantau segala data dari smartphone Android dan iOS. Juga, ada notifikasi yang akan langsung dikirim ke smartphone pengguna bila terdeteksi bahaya seperti kecepatan laju di atas rata-rata.

“Kendati layanan ini diperuntukkan bagi enterprise, namun tidak menutup kemungkinan, nantinya kami akan menyediakan layanan serupa untuk end user,” tutup Joy. (bda)