Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Twitter Bidik UKM untuk Beriklan di Twitter Ads

BACA JUGA

Ilustrasi Twitter Advertising
Ilustrasi Twitter Advertising

Jakarta, Selular.ID — Pasar UKM di Indonesia tumbuh sangat cepat dalam 2 tahun terakhir ini. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, terdapat sekitar 58 juta UKM di Indonesia yang merupakan 97% dari total pekerjaan yang tersedia dan 60% dari GDP. Namun hampir setiap UKM tersebut masih mempromosikan produk dan servisnya secara offline. Dengan cara tersebut UKM dinilai telah kehilangan banyak kesempatan emas untuk bertransaksi ke jutaan pengguna dan pelanggan di media sosial.

Twitter kini memperkenalkan perangkat pemasaran dan pengiklanan real-time terbarunya untuk pasar Indonesia yang diberinama Twitter Ads untuk Usaha Kecil-Menengah (UKM). Para pelaku UKM dapat memanfaatkan Twitter Ads untuk mendorong lalu lintas ke website, penginstalan apps, dan berinteraksi dengan pelanggan secara real-time.

Aliza Knox, Managing Director, Online Sales, Twitter Asia Pacific, mengatakan bahwa Indonesia adalah pasar global terbesar dengan jutaan pengguna Twitter aktif tiap harinya. “Itulah mengapa kami  memperkenalkan Twitter Ads yang mampu membantu UKM berbisnis lebih baik di tengah pasar yang sangat bergantung pada pengguna (user-based) seperti saat ini,” jelasnya.

Bisnis skala kecil menurut Aliza merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, yang meliputi berbagai jenis usaha, pekerjaan, dan output ekonomi. Dengan anggaran minimum, Aliza menjelaskan para UKM dapat membidik dan berinteraksi secara real-time dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan di dalam jaringan sosial dengan 288 juta pengguna aktif yang selalu terkoneksi di seluruh dunia melalui Twitter Ads.

Dengan solusi layanan iklan mandiri Twitter, UKM dapat menjangkau pelanggan di luar follower tetapnya dan mencari pelanggan potensial baru yang mungkin tertarik pada produk atau jasanya. Contohnya, bisnis kecil di Jakarta bisa meraih calon pelanggan di daerah sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan sampai Lampung atau Semarang.

Dengan menyasar pelanggan potensial secara langsung berdasarkan letak geografis, minat, perangkat mobile, dan kata kunci, UKM memiliki kesempatan besar untuk terhubung dengan pengguna tersebut di saat yang tepat, saat bisnis tersebut diperlukan oleh pelanggan.

Twitter Ads dinilai Aliza sangat mudah digunakan dan hemat biaya, UKM dapat mengendalikan biaya yang dikenakan hanya berdasarkan interaksi yg terjadi, tanpa minimum pembayaran. (bda)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU