Gerai OkeShop milik Trikomsel di Grand Indonesia
Gerai OkeShop milik Trikomsel di Grand Indonesia
Gerai OkeShop milik Trikomsel di Grand Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Softbank semakin menunjukkan ambisinya untuk menjadi raksasa teknologi global. Serangkaian aksi akuisisi dan investasi terus dilakukan untuk memperkuat portofolio dan jaringan bisnisnya di mancanegara. Aksi terbaru, perusahaan telekomunikasi Jepang tersebut mengakuisisi sebagian saham Trikomsel.

Berdasarkan laporan pemegang saham yang diberikan kepada Trikomsel, akuisisi saham telah dilakukan pada tanggal 27 Maret 2015 dan SoftBank Grup memiliki kepemilikan dengan total keseluruhan 19,9% dari total saham yang dikeluarkan Trikomsel. SoftBank Grup memiliki saham di Trikomsel melalui anak perusahaannya Chateau Montague Pte Ltd, Red Enterprise Holdings Limited dan Sommerset Palace Holdings Ltd.

Meski mendapat suntikan dana segar dari Softbank, kepemilikan ini tidak mengakibatkan perubahan pemegang saham pengendali dari Trikomsel, yakni tetap pada Sugiono Wiyono yang menjabat sebagai Presiden Direktur Trikomsel. Pemegang saham terbesar Trikomsel tetap dimiliki oleh Polaris Ltd. Perusahaan distribusi dan ritel perangkat mobile yang bermarkas di Singapura tersebut memiliki sebesar 44,88% dari total saham yang dikeluarkan Trikomsel. Polaris sendiri merupakan perusahaan yang dikendalikan dan mayoritas sahamnya dimiliki oleh Sugiono Wiyono.

Tentu saja, Sugiono Wiyono menyambut baik kehadiran SoftBank untuk memperkuat laju bisnisnya. “Ini merupakan momentum yang baik bagi Trikomsel untuk lebih mengembangkan usaha karena kami percaya dengan pengalaman, jaringan, sumber daya dan teknologi yang dimiliki SoftBank sebagai perusahaan global internet dan telekomunikasi akan memberikan manfaat yang besar dan sinergi yang baik bagi perusahaan maupun grup regional kami, terutama di Asia Tenggara,” ujar Sugiono dalam statemen resminya.

Sejak didirikan pada tahun 1996, Trikomsel tumbuh menjadi perusahaan distributor dan peritel produk komunikasi mobile terkemukaa yang memiliki jaringan gerai ritel “OkeShop” dan “Global Teleshop” kurang lebih 900 outlet dan melayani ribuan peritel pihak ketiga yang tersebar di seluruh Indonesia. Trikomsel tercatat di Papan Utama Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2009 (TRIO) dengan kapitalisasi pasar per 27 Maret 2015 sebesar Rp 7,38 triliun. Per 31 Desember 2014, total penjualan bersih Trikomsel tercatat sebesar Rp 10,78 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here