(sumber theverge.com)
(sumber theverge.com)
(sumber theverge.com)

Jakarta, Selular.ID – Smartphone baru andalan LG, G4, resmi diumumkan. Jika Anda sudah mengikuti beritanya beberapa pekan terakhir, mungkin tidak ada kejutan berarti pada acara peluncuran yang berlangsung semalam. Hampir semua bocoran mengenai ponsel benar adanya. Flagship LG di tahun 2015 ini akan bersaing head to head dengan Galaxy S6 dan iPhone 6.

Lalu bagaimana penampilan LG G4? Secara visual, G4 tidak jauh berbeda dari flagship tahun lalu, G3. Memiliki layar lebar 5,5-inci, 2560 x 1440 pixel (QHD), tombol volume dan tombol daya di bagian belakang, berukuran juga hampir sama seperti ponsel tahun lalu (kompak dan nyaman digunakan satu tangan). Sedikit melengkung pada permukaan tapi tidak sedrastis LG G Flex 2. Mungkin kebanyakan orang tidak akan menyadarinya, tapi LG mengklaim permukaan kurva pada G4 membuat layar 20 persen tidak mudah pecah daripada layar G3 yang sepenuhnya datar.

Kendati keseluruhan desain G4 menyerupai G3, LG menyuguhkan punggung kulit dalam balutan aneka warna yang membuat tampilan dan nuansa berbeda dari smartphone kebanyakan. Perusahaan menyatakan menghabiskan waktu tiga bulan untuk membuat setiap cover kulitnya. Material serta proses pembuatan case itu dikatakan sama seperti tas mewah. Balutan kulit tentu pilihan yang lebih baik daripada plastik glossy yang digunakan LG di ponsel lain, tapi terlihat seperti casing eksternal daripada benar-benar konstruksi asli.

Pada bagian layar, LG mengatakan ada sejumlah teknologi baru yang konon membuat layarnya terbaik dari smartphone apa pun. LG menyebutnya panel “Quantum IPS” dengan peringkat akurasi warna yang sama seperti film warna gradasi. Dikatakan bahwa layar 25 persen lebih cerah dengan kontras 50 persen lebih baik dan 20 persen akurasi warna yang lebih baik. LG juga mengatakan layar G4 11 persen lebih hemat daya dibanding G3.

Senjata kamera juga ditingkatkan. Dengan sensor baru 16MP, lensa lebih cerah f/1.8, dan stabilisasi gambar yang ditingkatkan. Juga memiliki sistem laser autofocus yang sama, tetapi menambahkan “sensor spektrum warna” yang menjanjikan warna yang lebih akurat dan white balance dalam kondisi pencahayaan yang sulit. LG juga mengubah aplikasi kameranya dengan kontrol manual yang luas, termasuk kecepatan rana, white balance, ISO, dan pengambilan gambar RAW.

LG-G4-Leather-back
Case belakang LG G4 dari kulit (sumber theverge.com)

Spesifikasi utama LG G4 lainnya termasuk prosesor Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB (juga ada slot kartu MicroSD), dan baterai 3,000mAh yang bisa dilepas (tanpa dukungan Qualcomm QuickCharge atau built-in wireless charging). LG juga mengatakan bahwa navigasi GPS dan layanan lokasi G4 dua kali lebih akurat dari ponsel lainnya.

Untuk software, G4 menjalankan Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka kustom LG. Seperti Samsung, LG telah menghapus sejumlah aplikasi yang kurang penting untuk G4. Smartphone juga dilengkapi ruang penyimpanan Google Drive 100GB gratis selama dua tahun. File native dari data galeri, musik, dan aplikasi explorer, otomatis terintegrasi ke Drive.

Adinda Nesvia, Head of Product Marketing LG Mobile Indonesia mengatakan bahwa G4 akan mendarat di pasar Indonesia sekitar akhir Mei. Perusahaan belum bisa menyebut kisaran harga, tetapi kemungkinan G4 akan dibanderol sama dengan G3, yakni sekitar Rp7 juta. (bda)