Instagram sediakan #emoji dan tiga filter baru
Instagram sediakan #emoji dan tiga filter baru
Instagram sediakan #emoji dan tiga filter baru

Jakarta, Selular.ID – Dalam berkomunikasi via pesan elektronik, pengguna smartphone kerap menyelipkan karakter gambar atau emoticon guna lebih mengekspresikan kondisi emosionalnya, atau sering disebut emoji. Beberapa tahun ini, emoji menjadi bagian dari bahasa visual yang universal dan menyenangkan. Terlebih, bagi pengguna instant messaging. Hampir semua layanan chat memiliki serangkaian emoji yang khas. Belum banyak yang tahu, bukan hanya aplikasi pesan instan, layanan berbagi foto Instagram juga menyajikan emoji. Kini, aplikasi yang diakusisi Facebook itu mengeluarkan hashtag #emoji dan tiga filter baru.

Sejak Senin lalu (27 April 2015), emoji akan dapat digunakan dengan hashtag. Sehingga pengguna Instagram dapat menambahkan emoji di postingan mereka, mencari emoji di halaman Explore, dan di-tap pada kolom caption. Bukan hanya satu, pengguna Instagram sekarang dapat menggunakan emoji lebih dari satu, ataupun menggabungkan tulisan dan emoji untuk membuat hashtag menjadi lebih kreatif.

Emoji sebenarnya sudah lama populer di kalangan komunitas Instagram. Hampir setengah dari seluruh caption di Instagram menggunakan emoji. Gisele Bundchen adalah tokoh publik nomor satu dalam menggunakan emoji. Selebriti lainnya yang senang menggunakan emoji antara lain: G-Dragon, Demi Lovato, Miranda Kerry, Beyoncé, Madona, Neymar, Karlie Kloss dan Nicki Minaj.

Selain hashtag emoji, aplikasi juga memperkenalkan tiga filter terbaru untuk Instagram: Lark, Reyes dan Juno. Perusahaan juga telah merilis lima filter baru pada akhir tahun 2014. Tercatat, Ludwig dan Crema menjadi filter paling popular di Instagram secara keseluruhan. Sedangkan di Indonesia, filter popular yang digunakan adalah Ludwig, X-Pro II, Crema, Valencia, Amaro. (bda)