Kontribusi VAS XL Axiata Mulai Pulih Paska Tsunami Konten

Peluncuran XL Sisternet (foto: Choi/Selular)
Peluncuran XL Sisternet (foto: Choi/Selular)
Peluncuran XL Sisternet (foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Pertumbuhan bisnis Value Added Services (VAS) PT XL Axiata mengalami kenaikan sebesar 40 persen, dari 2013 ke 2014. Kontribusi VAS sendiri menyumbang sekitar 4 persen terhadap total revenue perusahaan.

Berkat perolehan nilai saat ini, layanan VAS XL seakan berangsur pulih dari masa kelam dunia telekomunikasi Indonesia, yang dijuluki Black October. “Kami seperti kembali ke saat sebelum Black October, kontribusi VAS saat itu juga 4 persen,” kata Dian Siswarini, CEO XL Axiata, kepada Selular.ID

Bicara VAS, operator dengan dominasi warna biru tersebut memiliki serangkaian konten yang terdiri dari aplikasi musik, ring back tone, layanan sosial network, konten aplikasi, mobile finance, XL tunai, mobile advertising, cloud hingga m-commerce. “Penyumbang terbesar masih dipegang layanan musik, termasuk RBT sebesar 40 persen. Diikuti games hampir 30 persen,” urai Dian.

Kedepannya, Dian optimis layanan konten XL akan tetap tumbuh seiring pengembangan bisnis VAS yang masuk dalam Digital New Services pada tahun ini. Ditambah, XL telah meluncurkan layanan Sisternet guna memperkenalkan internet ke perempuan Indonesia, di mana strategi ini bisa sekalian menggenjot layanan data.(Ind)