Beranda News Telco 60 Persen Capex Telkom Untuk Pengembangan Telkomsel

60 Persen Capex Telkom Untuk Pengembangan Telkomsel

-

Telkomsel wismul

Jakarta, Selular.ID – Emiten Telekomunikasi terbesar nasional dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan mengumumkan kinerja usahanya yang berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 8,1 persen dibandingkan pendapatan usaha yang diperoleh pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sepanjang tahun 2014 Telkom berhasil meraih pendapatan usaha sebesar Rp89,7 triliun. Perusahaan juga berhasil mencatat pertumbuhan EBITDA sebesar 9,7 persen menjadi Rp45,8 triliun dan laba bersih naik 3,0 persen menjadi Rp14,6 triliun.

Usai RUPST yang digelar di hotel Borobudur, Jakarta (17/4/2015), Alex J Sinaga Direktur Utama Telkom menyampaikan bahwa tahun ini Telkom akan mengalikasikan 60 persen Capex-nya untuk pembangunan infrastruktur mobile (Telkomsel).

Sayangnya Alex tidak dapat menyebutkan berapa besar angka rupiahnya. “Direktur keuangan masih akan menghitungnya. Yang jelas Capex tahun ini di kisaran 25-30 persen dari laba bersih,” jelasnya.

Capex yang dianggarkan Telkom sendiri tahun ini mengalami peningkatan mengingat tahun lalu BUMN telkomunikasi ini hanya mennganggarkan 20 persen saja. Kenaikan Capex ini dikarenakan berkurangnya dividen yang dibagikan oleh Telkom. Tahun lalu Telkom membagikan 70 persen dividennya sedangkan tahun ini dividen yang dibagikan hanya 60 persen saja.

Telkomsel sendiri sebagai anak usaha memperlihatkan kinerja yang cukup baik di tahun 2014. Telkomsel berhasil tumbuh triple double digit dengan membukukan pertumbuhan pendapatan usaha, EBITDA dan laba bersih sebesar 10.4%, 10.0% dan 11.9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Artikel Terbaru