Ilustrasi 4G LTE (Foto: istimewa)
Ilustrasi 4G LTE (Foto: istimewa)
Ilustrasi 4G LTE (Foto: istimewa)

Bandung, Selular.ID – Layanan internet cepat 4G LTE di Indonesia sudah hadir secara komersial di frekuensi 900Mhz. Namun sayangnya spektrum ini dinilai kurang memberikan hasil maksimal dalam memberikan akses kecepatan berinternet. Operator pun berharap penggunaan frekuensi 1800Mhz untuk 4G LTE segera dapat diimplementasikan.

Pengujian jaringan layanan 4G LTE Telkomsel dan XL yang dilakukan tim redaksi di Bandung membuktikannya. Penggunaan frekuensi 1800Mhz dalam menghadirkan layanan 4G LTE mampu memberikan akses kecepatan yang lebih kencang dibandingkan jika operator menggunakan 900Mhz sebagai frekuensi untuk 4G LTE.

Seperti diketahui dalam uji jaringan yang sudah dilakukan Selular.ID, jaringan 4G LTE yang berjalan di frekuensi 1800Mhz, performanya jauh lebih maksimal dibanding menggunakan kanal 900 Mhz.

Dalam menggelar layanan 4G di Kota Kembang, XL melakukan trial dijalur 1800 Mhz, sedangkan Telkomsel secara komersial menghadirkan 4G di jalur 900 Mhz. Hasilnya memang sangat mengejutkan, performa jaringan 4G LTE di feekuensi 1800Mhz menang di semua wilayah pengujian.

Spektrum 1800Mhz mampu memberikan kecepatan maksimal mengingat kapasitas yang dapat disediakan oleh operator di pita ini minimal 10Mhz sehingga secara teori dapat menghasilkan kecepatan hingga 129Mbps. Sedangkan jika di frekuensi 900Mhz operator hanya mampu mengalokasikan lebar pita 5Mhz saja dengan kecepatan maksimal 42Mbps yang sama saja dengan kecepatan 3G hanya berbeda latency yang dihasilkan saja.

Selain itu, faktor jumlah pelanggan juga akan mempengaruhi kecepatan yang dapat dirasakan oleh pelanggan, semakin banyak pelanggan tentunya jalur akan semakin sesak yang berarti kecepatan akan terpengaruh.

Yang jelas dari pengujian tersebut bisa dipastikan, konsumen akan lebih maksimal menikmati layanan 4G LTE jika bergerak pada kanal 1800 Mhz.

Dari fakta yang ada, terlihat jelas mengapa operator begitu “ngebet” ingin menggelar 4G LTE di jalur 1800 Mhz. Sabagai informasi, saat ini pemerintah hanya mengkomersilkan layanan 4G LTE di frekuensi 900 Mhz. Penggunaan frekuensi 1800Mhz secara komersial sendiri baru akan diizinkan setelah penataan ulang frekuensi tersebut selesai dilakukan.

Penataan ulang frekuensi 1800Mhz ini baru akan dimulai tanggal 4 Mei mendatang dan diharapkan dapat selesai pada 23 November 2015. Jika frekuensi 1800 Mhz sudah bisa digunakan secara komersial untuk 4G LTE, bisa jadi persaingan akan semakin seru. (bda)