Iliustrasi tampilan website AliExpress
Iliustrasi tampilan website AliExpress
Iliustrasi tampilan website AliExpress

Tiongkok, Selular.ID – AliExpress, toko online milik Alibaba Group akan merayakan usianya yang ke-5 pada 10 April mendatang. Layanan online marketplace ini dianggap telah berperan penting membantu produsen manufaktur dari Tiongkok untuk mengembangkan produk dan memasarkannya dalam volume besar kepada konsumen di seluruh dunia. pesat.

Situs e-commerce ini telah membukukan pertumbuhan rata-rata 10 kali dari debut pertamanya di tahun 2010. Salah satu kunci suksesnya adalah AliExpress berusaha untuk terus beradaptasi pada pasar global dan selera konsumen yang berubah sangat cepat. Mereka menjadikan itu sebagai prioritas utama dalam mengembangkan perdagangan B2C (Business to Consumer) internasional secara lebih efektif dan efisien untuk para penjual. Hingga saat ini, setidaknya mereka telah melakukan tiga inisiatif besar. Berikut ini adalah beberapa inisiatif yang dilakukan :

1. Membantu produsen dari Tiongkok memperluas pasar
Sebagai pusat pabrik dunia, sektor manufaktur China sudah sejak lama didominasi oleh banyak perusahaan, di mana merupakan produk yang didesain oleh brand dari luar, seperti Apple dan Samsung. Melalui AliExpress para produsen peralatan asli (OEM) dan produsen desain asli (ODM) dapat menjual desainnya bahkan memasarkan brand mereka langsung kepada pembeli di seluruh dunia, selain itu mereka juga berkesempatan untuk memasuki market global dengan memanfaatkan banyaknya jumlah konsumen yang dimiliki AliExpress di seluruh dunia terutama di Negara berkembang yang sangat peka terhadap harga seperti Brazil dan Russia

Dengan menjual produk langsung kepada konsumen AliExpress, produsen berkesempatan untuk mendapatkan masukan dari seluruh pembeli di seluruh dunia. Dengan adanya masukan dari konsumen, para produsen dapat menghemat pengeluaran inventaris produk dengan mengurangi stok barang yang kurang popular dari segi penjualan.

2. Mempercepat Pengiriman Barang
Bukan rahasia umum bahwa pengiriman dari China kepada konsumen individual yang berada di luar negeri akan memakan waktu yang panjang. Untuk mempercepat pengiriman, AliExpress menggandeng beberapa perusahaan logistik untuk mengoperasikan gudang (warehouses) di luar negeri. Para penjual grosir ini dapat menyimpan inventori di gudang yang ada di luar negeri dan mengirimkan produk langsung ke konsumen AliExpress. Ini adalah salah satu bentuk solusi yang menguntungkan kedua belah pihak, karena konsumen akan mendapatkan barang lebih cepat sedangkan penjual berkesempatan untuk memasuki market B2C yang baru.

3. Belanja Melalui Mobile Devices
AliExpress telah meluncurkan versi baru aplikasi mobile yang tersedia dalam Bahasa lokal. Dengan menggandeng UCWeb, toko online ini akan membuat program yang diharapkan dapat meningkatkan penggunaan aplikasi AliExpress melalui platform affiliate marketing internasional. Sehingga bisa mempromosikan aplikasi mobile tersebut di pasar yang potensial seperti Amerika Serikat, Rusia, Indonesia, dan Amerika Latin.