ZTE Grand S3 Dilengkapi Pemindai Mata

ZTE Grand S3 Eyeprint IDJakarta, Selular.ID – Teknik membuka kunci ponsel semakin bervariasi. Setelah memasukkan kode angka, kata sandi, pola layar, dan scan sidik jari, kini ada metode baru, pemindai retina mata. Fitur anyar itu diusung ponsel cerdas yang baru saja diumumkan di Barcelona, ZTE Grand S3.

Vendor ponsel asal Tiongkok mengumumkan peluncuran perangkat flagship barunya itu di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015. Grand S3 memiliki fitur biometrik mata yang dibuat oleh EyeVerify. Sehingga, pengguna bisa mengunci dan mengamankan ponsel cerdasnya tanpa perlu kata sandi. Solusi EyePrint ID yang terbenam di Grand S3, aku ZTE, merupakan smartphone pertama di dunia yang menawarkan fitur ini.

Pada siaran pers yang diterima Selular.ID (2/3/2015), Executive Vice President of ZTE Corporation dan CEO of ZTE Mobile Devices Adam ZENG Xuezhong  mengatakan smartphone ZTE seri Grand berfokus pada fitur-fitur yang mampu meningkatkan keamanan bagi para pengguna dari kalangan bisnis di seluruh dunia. Tanpa kata sandi, solusi ini bekerja dengan memindai pola susunan syaraf yang unik di bola mata manusia menggunakan kamera depan ZTE Grand S3.

EVP Global Sales & Marketing EyeVerify Chris Barnett mengatakan bahwa solusi EyePrint ID menyuguhkan otentikasi melalui biometric yang jauh lebih akurat dan memecahkan masalah yang sering terjadi dengan kata sandi, seperti lupa atau diketahui orang lain.

Sebelum diluncurkan di ajang MWC 2015, ZTE Grand S3 sudah terlebih dahulu diluncurkan untuk pasar domestik di Tiongkok pada tanggal 17 Januari 2015 dengan harga mulai dari 2999 RMB atau sekitar Rp6.2 juta.

Pada lembar spesifikasi, ZTE Grand S3 dilengkapi layar FullHD 5,5 inchi dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Ditopang prosesor empat inti Snapdragon berkecepatan 2,5GHz, RAM 3GB, dan lensa kamera berkekuatan 16MP.

Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu menegaskan bahwa fitur EyePrint ID juga akan ditemui di seluruh perangkat ZTE Grand berikutnya, dan akan terintegrasi dengan fitur mobile payment serta aplikasi lainnya. Sampai dengan saat ini, ZTE sudah menjual lebih dari 5 juta perangkat seri ZTE Grand secara global, termasuk Grand S, Grand Memo, Grand Memo 5S, Grand S2, Grand X Max di Amerika, dan ZTE Grand X.

Sayangnya, ZTE tidak bisa memastikan kapan Grand S3 akan tiba di pasar Indonesia. Namun, Romeo (Luo Mingbo), Sales Director ZTE Mobile Device Division, PT ZTE Indonesia, mengatakan akan ada sejumlah seri smartphone ZTE yang meluncur di pasar tanah air pada kuartal kedua 2015.