Sunday, May 26, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Wiko Getaway: Harga Murah, Desain Mewah

Wiko Getaway: Harga Murah, Desain Mewah

-

WIko-GetawayMenjadi pendatang baru dipasar Indonesia, Wiko Mobile sejatinya sudah dikenal dinegara asalnya, Perancis. Datang ke pasar tanah air dengan 6 ponsel sekaligus, Wiko jagokan seri Getaway untuk menyasar segmen pemula. Bagaimana kemampuannya? Berikut adalah reviewnya.

[quote_box_center]

Kelebihan
–    Desain mewah
–    Performa oke
–    Hasil kamera bagus

Kekurangan
–    Harga terbilang murah

[/quote_box_center]

 

Desain

Masuk dikelas entry level, Wiko Getaway memiliki desain yang bisa bersaing dengan smartphone kelas atas. Memiliki bentuk yang mirip dengan HTC One, meski didominasi dengan balutan material plastik pada bodinya.

Wiko Getaway tampil dengan desain yang ergonomis yang menggabungkan sudut yang membulat dengan frame aluminium. Hal ini memberikan sentuhan yang elegan, serta memberikan memberikan ketahanan pada ponsel.

wiko-getawayDidepan Wiko membuatnya dengan permukaan yang rata, sedangkan pada bagian belakang menggunakan lapisan yang berpola, membuat handling tangan lebih enak. Memiliki ketebalan hanya 7,2 mm dan bobot hanya 133 gram, Wiko Gateway termasuk ponsel yang ramping dan ringan untuk sebuah smartphone lima inci.

Dibagian depan Wiko membenamkan tiga tombol depan yakni tombol home, back dan menu. Disamping kanan terdapat slot memori eksternal, tombol volume dan tombol power sedangkan disebelah kiri terdapat slot microSIM dengan penutup seperti milik iPhone. Dibagian bawah Anda akan menemukan port microUSB yang berguna sebagai port charger dan transfer data. Terakhir dibagian atas merupakan port Audio 3.5 mm.
Semua komponen dapat diakses dengan mudah apalagi tombol volume dan ponwer dijadikan satu disebelah kanan, membuat pengguna mudah untuk mengontrol volume atau membuka atau mengunci layar.

Display

Wiko Getaway dibekali dengan layar berukuran 5 inci. Layar ini umumnya digunakan oleh ponsel dikelas high-end. Namun begitu, Wiko masih membenamkan resolusi layar untuk kelas menengah dengan 1280 x 720 piksel. Hal ini perlu diacungi jempol mengingat meski Wiko Gateway dengan harga yang terjangkau, namun sudah menggunakan layar yang terbilang luas, meski resolusinya masih HD.

InterfaceLayarnya masih dilengkapi dengan teknologi IPS, dengan teknologi ini, maka layar Wiko memiliki viewing angle yang cukup luas meski dilihat pada sudut tertentu. Untuk proteksi Wiko masih menambahkan Corning Gorilla Glass 2 untuk ketahanan teradap goresan.
Berjalan diatas OS Android 4.4.2 kitkat, Wiko tidak mengubah interface dari standart Android. Tampilannya masih sama dengan ponsel android lainnya, yang bisa menambah widget pada homescreen depan melalui tombol menu.

Wiko menambahkan fitur Smart Gesture, yakni fitur gerakan tangan/jari untuk memudahkan pengguna dalam mengakses fitur tertentu. Beberapa diantaranya adalah gesture unlock, upset silent, upset speaker, gesture answer phone dan lainnya.

Kamera

Wiko Getaway memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel yang menggunakan teknologi sensor OmniBSI, yakni sistem ini memiliki lapisan sensor lebih sedikit, sehingga lebih ringan dan ponsel bisa mendapatkan foto yang jelas bahkan jika kondisi pencahayaan kurang bagus. Jika pencahayaan dirasa kurang, pengguna masih dapat menggunakan LED flash yang sudah tersedia disebelah  lensa kamera.

kameraKamera ini masih dilengkapi dengan fungsi dasar seperti autofocus, geo-tagging, digital zoom, face dan smile detector. Masih ada lagi fitur HDR, picture editor, white balance dan color effects. Wiko juga menambahkan Magic Eraser untuk menghapus objek pada foto, Beauty Face untuk untuk meningkatkan mengambil foto portraits  dan Cinemagraph untuk membuat gambar animasi.

Dibagian dapan Wiko masih membenamkan kamera depan dengan resolusi 5 megapixel. Resolusi ini dirasa cukup untuk video calls atau foto selfie.

Dengan kamera yang dimilikinya, Wiko mampu menghasilkan foto dan video yang cukup baik. Menghasilkan foto yang terang dan jelas serta asupan pencahayaan yang cukup. Tidak hanya itu objek juga dapat  diterjemahkan dengan warna yang natural.

Hasil Foto:

Selular
HelmMultimedia

Seperti ponsel Android lainnya untuk fitur multimedia, Wiko telah menyediakan  muaik player dan video player default Android. Kedua musik dan video player mampu memutar audio dan video yang cukup lengkap.

Musik playernya selain mampu memutar banyak file audio juga sudah dibekali dengan fitur equalizer, dengan fitur ini maka pengguna dapat menyesuaikan kualitas musik sesuai dengan kenyamanan telinga mereka. Ditambah lagi adanya sistem voice dictation dan 3D sound. Dan sama seperti fitur musik player, untuk video playernya juga dapat memutar beragam file video yang popular plus kemampuan untuk menampilkan subtitle. Dengan kemampuan ini maka pengguna akan lebih nyaman untuk menonton film dengan teks.

Lebih dari itu Wiko juga menyediakan fitur FM radio, dengan menghubungkan earset pada port audio 3.5 mm maka anda bisa langsung mendengarkan siaran radio FM yang tersedia disekitar Anda. Selain itu fitur ini juga memiliki kemampuan untuk memperdengarkan melalui speaker dan merekam siaran radio.

Kinerja

Untuk urusan performa, Wiko mempercayakan Getaway dengan chipset prosesor  quad-core Cortex A7, dimanya setiap core memiliki kecepatan 1.3 GHz. Didukung RAM 1 GB, ponsel ini memiliki kemampuan yang terbilang mumpuni.

HardwareUntuk menyimpan data, pengguna Getaway disediakan kapasitas internal memori 16 GB. Jik masih kurang Wiko masih menyeiakan slot memori eksternal yang dapat dimasukan hingga 32 GB dengan menggunakan kartu MicroSD.

Dengan hardware yang dimilikinya, ponsel ini terbilang nyaman dan smooth pada saat bernavigasi. Tidak hanya itu, kami juga mencobanya untuk memainkan game 3G sekelas Aspalt8.  Dengan game ini kami dapat memainkan game dengan lancar. Diuji menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, ponsel ini mendapatkan skor 17 ribu-an.

Konektivitas

Meski masuk dikelas entry level, Wiko tidak menyediakan koneksi yang cukup lengkap untuk Getaway. Untuk koneksi data internet, tersedia koneksi di jalur 3G/HSPA. Dengan koneksi ini maka Getaway mampu dipacu dengan kecepatan download hingga 21.1 dan kecepatan upload hingga 5.76 Mbps.

KonektivitasKoneksi lainnya masih tersedia koneksi nirkabel seperti, Bluetooth, GPS dan Wifi. Sedangkan untuk koneksi kabel ada microUSB.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest