Ilustrasi penggunaan e-money
Ilustrasi penggunaan e-money
Ilustrasi penggunaan e-money

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) terus mensosialisasikan less cash society melalui penggunaan e-money. Transaksi menggunakan uang elektronik ini pun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Menurut Farida Peranginangin, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, transaksi menggunakan e-money dalam setahun terakhir ini jumlahmya sudah melebihi penggunaan kartu kredit. “Rata-rata transaksi harian menggunakan uang elektronik jika dilihat data Februari 2015 sebesar Rp891 ribu, sedangkan rata-rata harian transaksi menggunakan kartu kredit pada bulan yang sama hanya 691 ribu,” jelasnya.

Jika dilihat data pada tahun sebelumnya rata-rata harian transaksi menggunakan e-money sebesar 421 ribu sedangkan transaksi harian menggunakan kartu kredit sebesar Rp696 ribu. Ini berarti penggunaan e-money jika dilihat dari transaksi harian yang dilakukan menunjukkan pertumbuhan 100 persen lebih.

Lebih lanjut Farida menjelaskan meskipun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, sosialisasi penggunaan uang elektronik ini harus terus dilakukan mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat maupun negara.

Penggunaan uang elektronik ini menurut Farida mempunyai beberapa kelebihan yaitu lebih praktis, cepat dan efisien. Pemerintah juga dapat berhemat meningat pencetakan uang kartal membutuhkan biaya yang tidak sedikit.