BerandaNewsTelkom ICT-kan Destinasi Wisata dan Budaya Indonesia

Telkom ICT-kan Destinasi Wisata dan Budaya Indonesia

-

IMG_20150305_091956Jakarta, Selular.ID – Indonesia kaya akan potensi pariwisata dan budaya yang penting untuk dilestarikan dan dipublikasi ke dunia luar. Telkom ingin memajukan sektor pariwisata Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) dan pengembangan pariwisata yang terintegrasi.

Untuk mewujudkan hal tersebut Telkom bekerjasama dengan  Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter melakukan sinergi pengembangan pariwisata dengan mengoptimalisasikan infrastruktur ICT.

Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Service Telkom mengatakan bahwa Telkom sebagai perusahaan dengan layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services) siap dan memiliki kompetensi untuk mendukung PATA Indonesia Chapter memberikan solusi ekosistem pariwisata yang terintegrasi seperti yang sudah direalisasikan untuk web commerce dan e-ticketing.

“Ini menjadi salah satu bentuk dukungan Telkom untuk mendukung program pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 nanti,” ujar Muhammad Awaluddin saat melakukan penandatanganan kerjasama.

Melalui kerjasama ini, Telkom dan PATA Indonesia Chapter sepakat untuk melakukan pengembangan pariwisata dengan pemanfaatan infratsruktur ICT. Selain itu, kedua pihak saling memanfaatkan pembinaan yang dapat memajukan pariwisata Indonesia, meliputi pembinaan sumber daya, optimalisasi promosi pariwisata destinasi pariwisata di wilayah Indonesia yang disediakan PATA Indonesia Chapter.

Sebagai bentuk keseriusan Telkom dan PATA mendukung sektor pariwisata, saat ini kedua pihak tersebut sedang mengembangkan sebuah platform digital tourism hub yang nantinya akan mengintegrasikan seluruh ekosistem stakeholder kepariwisataan Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur ICT. Ekosistem tersebut telah mencakup objek wisata, hotel, travel agent, airlines dan lainnya.

Sebelumnya, Telkom juga telah melakukan melakukan penandatanganan kerjasama dengan PATA Indonesia Chapter pada 18 Agustus 2014 lalu terkait pengelolaan e-ticketing dan web commerce di Keraton Kasepuhan Cirebon dan Taman Air Sunyaragi. Kerjasama ini direalisasikan melalui launching layanan tersebut pada tanggal 3 Maret 2015.

Artikel Terbaru