Rabu, 17 Juli 2024
Selular.ID -

Mengenal Aksara Jawa Lewat Aplikasi Android

BACA JUGA

Nulis Aksara JawaJakarta, Selular.ID – Tidak harus kursus, Anda bisa mempelajari suatu bahasa asing melalui internet. Mulai dari mengenali huruf, cara pelafalan, sampai bagaimana menuliskannya. Bahkan, pemilik ponsel pintar kini bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi. Bukan hanya bahasa asing, bahasa daerah pun ada. Salah satu aplikasi yang menyajikan huruf daerah adalah Nulis Aksara Jawa.

Aplikasi mengenal Hanacaraka itu dibesut oleh Muhfau, startup asal Boyolali yang mengembangkan konten-konten lokal dengan mengangkat budaya Indonesia. Nulis Aksara Jawa adalah sebuah aplikasi yang berjalan di OS android yang memungkinkan pengguna untuk dapat membaca dan menulis tulisan dalam aksara jawa.

Salah satu fiturnya adalah konversi tulisan, dari huruf latin menjadi aksara jawa dan sebaliknya. Pengguna cukup menuliskan kata atau kalimat di layar monitor lalu menekan tombol KONVERSIKAN, maka tulisan dalam bentuk aksara jawa hasil konversi akan tampil di layar. Selain itu tulisan aksara jawa tersebut dapat disimpan sebagai gambar sehingga dapat dibagikan untuk teman-teman maupun diunggah melalui social media.

Untuk fitur konversi tulisan dari aksara jawa menjadi tulisan latin, juga menggunakan metode yang sama. Bedanya, papan ketik akan menyediakan Hanacaraka untuk Anda mengetik bahasa Jawa. Tentu fitur ini hanya berguna bagi Anda yang sudah mengenal aksara Jawa.

Selain dua fitur utama di atas, aplikasi ini juga terdapat fitur input suara untuk menu konversi tulisan latin menjadi aksara jawa. Jadi, pengguna hanya tinggal mengucap kata atau kalimat maka di layar akan muncul hasil konversi dalam bentuk aksara jawa. Kemudian untuk menu konversi tulisan aksara jawa menjadi tulisan latin terdapat fitur teks menjadi suara. Jadi, perangkat android pengguna dapat mengucapkan tulisan yang telah diketikkan dalam aksara jawa.

Bagi yang ingin belajar mengenal huruf jawa, aplikasi Nulis Aksara Jawa sudah bisa diunduh di Google Play Store. (bda)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU