Tuesday, June 18, 2019
Home News Hadir di Platform Lain, Permata Bank Akan Agresif Kampanyekan BBM Money

Hadir di Platform Lain, Permata Bank Akan Agresif Kampanyekan BBM Money

-

Permata Bank BBM Money
Permata Bank BBM Money

Jakarta, Selular.ID – Setelah Android, layanan BlackBerry untuk mobile payment, BBM Money, segera tersedia untuk perangkat berplatform iOS bulan depan. Pengguna iPhone kelak bisa berkirim uang, isi ulang pulsa, membayar tagihan, dan tarik uang tunai melalui ponsel mereka.

Dalam penerapan solusi e-money-nya (uang elektronik), BlackBerry bekerja sama dengan Permata Bank. Matthew Talbot, SVP Emerging Solutions BlackBerry, mengatakan bahwa layanan ini hanya tersedia di pasar Indonesia. Untuk layanan serupa di negara lain, yang rencananya akan rilis akhir tahun ini, perusahaan juga akan bermitra dengan institusi perbankan setempat.

Diluncurkan Februari 2013, BBM Money berhasil menggaet 60 ribu pengguna pada tiga bulan pertama. Namun setelah itu pertumbuhannya kurang menggembirakan, tidak mencapai 200 ribu pengguna yang ditargetkan Permata Bank untuk akhir tahun 2013.

Kendati demikian, Djumariah Tenteram, Head, Wealth Management, Retail Liability Products & E-Channel, Permata Bank, mengatakan bahwa sampai saat ini pengguna BBM Money terus bertambah, pertumbuhan pengguna BBM Money mencapai 57 persen pada akhir 2014 (YoY) jika dibandingkan akhir 2013.

Pengguna layanan uang elektroniknya diakui cukup beragam. Meliputi berbagai profesi seperti pelajar, eksekutif muda, wiraswasta, dll. Mereka adalah orang-orang yang aktif mengakses internet lewat telpon selular.

Dalam aturan bertransaksi, Permata Bank juga mengikuti ketentuan e-money yang diatur Bank Indonesia. Limit transaksi BBM Money adalah Rp 20 juta per bulan dan saldo sebesar Rp 1 juta untuk pengguna BBM Money basic (tanpa register ke Permata Bank), serta Rp 5 juta untuk pengguna BBM Money full (yang sudah registrasi ke Permata Bank).

Tanpa menyebut nilai transaksi, Djumariah mengaku terjadi kenaikan volume transaksi sebesar 20 persen pada tahun 2014 jika dibandingkan 2013.

Seperti yang kami uraikan sepintas di atas, beberapa transaksi yang dapat dilakukan menggunakan BBM Money adalah transfer uang ke sesama pengguna BBM Money, transfer uang ke Rekening Bank lain, isi ulang pulsa, serta pembayaran tagihan seperti kartu kredit, PLN, dan pulsa pascabayar. Fitur yang tidak kalah menarik adalah, pengguna BBM Money bisa menarik uang tunai di ATM Permata Bank.

Pada tahun ini, perusahaan mengeluarkan fitur terbaru yang akan disukai pelaku belanja online. BBM Money kini menyediakan pembayaran Online Merchant dengan pihak yang telah bekerja sama. Hanya saja, Djumariah enggan merinci jumlah dan jenis merchant yang dimaksud. Tapi dia menjanjikan penambahan merchant akan terus dilakukan pada tahun ini.

Permata Bank mengaku akan lebih agresif mensosialisasikan BBM Money di tahun ini karena layanan sudah tersedia untuk pengguna Android dan segera muncul di iOS. Djumariah berharap, pengembangan ke dua platform tadi mampu mendongkrak jumlah pengguna layanan e-money Permata Bank di tahun 2015.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest