Saturday, August 24, 2019
Home News E-Commerce Carmudi, Perantara Jual Beli Online Kendaraan Bekas

Carmudi, Perantara Jual Beli Online Kendaraan Bekas

-

Carmudi AppJakarta, Selular.ID – Jual beli produk kian mudah dengan internet. Sejumlah situs telah menyediakan wadah bagi para penjual memajang barang dagangannya secara cuma-cuma. Bagi calon pembeli, bisa memeriksa produk yang dicari di situs tersebut atau sekadar window shopping. Hampir semua produk bisa anda temukan di sana.

Khusus untuk transaksi kendaraan, anda bisa mengunjungi situs web Carmudi.co.id. Platform jual beli kendaraan online asal Berlin ini sudah tersedia di Indonesia sejak tahun lalu. Guna memudahkan calon penjual dan pembeli, perusahaan menyediakan aplikasi android dan iOS. Dengan begitu, menurut Carmudi, hanya butuh waktu 2 menit untuk menjual atau membeli kendaraan yang diidamkan, baik baru atau bekas.

Menyediakan fitur yang sama dengan situsnya, aplikasi Carmudi memberi pilihan pencarian kendaraan berdasarkan harga, merek,tipe, jarak tempuh, warna, juga jenis bahan bakar. Calon pembeli bisa langsung berinteraksi dengan penjual melalui email, SMS, atau telepon.

Managing Director Carmudi Indonesia Wouter van der Kolk mengatakan bahwa cakupan pemasarannya telah tersedia di sejumlah kota besar di Indonesia. Seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Tahun ini, perusahaan akan terus ekspansi sampai ke seluruh kota besar masuk dalam jaringan Carmudi.

Di Indonesia, Wouter menyebutkan terdapat 300.000 listing kendaraan, sekitar 3.500 dealer, dengan jumlah pengunjung situs web mencapai 1 juta pengguna (per Januari 2015). Sedangkan jenis kendaraan yang tersedia selain mobil dan motor, juga ada truk. Mengutamakan kendaraan bekas, saat ini tersedia sekitar 22 ribu motor dan 21 ribu mobil. Untuk kendaraan baru, ada 2.314 motor dan 1.163 mobil. Untuk truk, sejumlah 400 truk bekas dan 7 truk baru.

Bagi calon penjual individual, Carmudi menyediakan platform secara gratis. Sedangkan untuk dealer, Carmudi menyediakan beberapa paket pilihan dengan biaya layanan mulai dari Rp1,5 juta per tiga bulan. Dengan biaya tersebut, Carmudi akan menyediakan seorang dedicated account manager yang akan mengurusi seluruh kebutuhan dealer. Mulai dari memotret kendaraan, memantau dan berinteraksi dengan calon pembeli potensial, memeriksa harga jual pesaing, dan memberi masukan bagaimana agar lebih memikat calon pembeli.

Selain di Indonesia, Carmudi juga tersedia di 40 negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Dengan jumlah populasi sangat besar, Woter mengaku Indonesia menjadi market terbesar Carmudi saat ini, disusul Meksiko dan Nigeria.

Aplikasi Carmudi dengan bahasa Indonesia sudah bisa diunduh di Google Play Store dan iTunes. Untuk sistem operasi lainnya, Wouter mengatakan sedang digarap, termasuk Microsoft Windows Phone.(Ind)

Latest