Saturday, July 11, 2020
Home News Telco Bidik 7500 UKM, XL Incar 10 Miliar

Bidik 7500 UKM, XL Incar 10 Miliar

-

SME Lombok Goes MobileLombok, Selular.ID – Sebagai pelanggan selular, mungkin Anda pernah mendapat SMS blast mengenai suatu informasi yang kerap menghinggap ke ponsel ketika memasuki lokasi pusat perbelanjaan. Layanan dari operator itu biasanya dimanfaatkan oleh pelaku bisnis menengah untuk mempromosikan produknya. Di XL, layanan berupa SMS dan MMS itu dikelola oleh AdReach mobile advertising. Melalui program ‘UKM dalam Smartphone’ atau ‘SME Goes Mobile’, XL akan lebih serius menggarap pelaku usaha kecil menengah (UKM), dengan mengincar pendapatan Rp10 miliar di tahun 2015.

Target pendapatan itu diungkap Head of M-Advertising XL Axiata Herwinto Chandra Sutantyo di Lombok pada peresmian program ‘SME Goes Mobile’ di Desa Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat (25/2/2015). Selama tahun 2014, tutur Herwinto, AdReach menyumbang pendapatan sebesar Rp3 miliar ke perusahaan. Menurutnya, pendapatan divisinya masih sangat kecil dan target tahun 2015 cukup realistis. Untuk itu, AdReach akan fokus kepada pengembangan UKM di nusantara, khususnya sektor industri kreatif dan pariwisata, yang langsung menyasar konsumen. Para UKM bisa memanfaatkan media digital dalam promosi produknya, mempromosikan ke pelanggan yang diinginkan di lokasi tertentu.

Diresmikan Agustus 2013, AdReach tercatat mampu menarik sekitar 2.588 UKM yang bergabung (per akhir 2014). Mayoritas, atau sekitar 55 persen’ UKM itu berasal dari wilayah timur. Tahun ini, Herwinto menargetkan bisa menggandeng 7500 UKM bisa bergabung dalam layanan XL.

AdReach XL menawarkan program ini dalam bentuk 3 paket, paket I seharga Rp500.000 ke 2.000 pelanggan, paket II seharga Rp1,5 juta kepada 6.250 pelanggan, dan paket III seharga Rp3 juta kepada 13.000 pelanggan.

Selain SMS dan MMS, pelanggan juga bisa memanfaatkan satu media penyampaian lagi, yang baru diluncurkan awal tahun 2015, yaitu melalui gambar berjalan di website. Cara pembayarannya juga kini lebih variatif. Selain melalui transfer antar bank, pelanggan bisa membayar melalui credit card, serta XL Tunai. (bda)

Latest