Beranda Inforial Pengalaman Transaksi COD di OLX yang Menyuguhkan Banyak Manfaat

Pengalaman Transaksi COD di OLX yang Menyuguhkan Banyak Manfaat

-

olx

Jakarta, Selular.ID – Aktivitas belanja online sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat urban. Berbagai riset menunjukkan pertumbuhan e-commerce yang kian pesat. Namun ada yang unik dengan pasar Indonesia yakni kebiasaan transaksi dengan Cash on Delivery (COD) yang masih sangat besar.

Rendahnya penetrasi kartu kredit dan faktor keamanan disinyalir menjadi penyebab COD lebih diminati. Skema COD jelas mengurangi fraud karena baik penjual maupun pembeli langsung bertatap muka. Barang baru dibayar jika benar-benar sudah sampai di tangan pembeli.

Terlepas dari hal itu, COD ternyata menyuguhkan berbagai kejutan yang tak dijumpai jika transaksi e-commerce dengan metode lain. Seperti diceritakan oleh Muri Heryanto, warga Ciracas, Jakarta Timur yang berbagi kisahnya kepada Selular.ID.

Karyawan swasta kelahiran 1983 ini menceritakan pernah memiliki pengalaman uniknya sewaktu ingin membeli motor Supra X di OLX. “Karena sudah yakin dengan produknya, saat transaksi saya sudah siap membawa helm dan jaket, biar bisa langsung membawa motor tersebut,” ujarnya.

Dugaannya tepat, produk tersebut kualitasnya masih bagus, sesuai dengan iklannya. Hingga suatu ketika dia ingin menjual kembali motor tersebut. “Begitu iklan dipasang di OLX, respon pembelinya cepat. Lucunya, si pembeli juga sudah siap membawa jaket dan helm, saya jadi teringat sewaktu pertama membeli motor tersebut,” kenangnya.

Muri merasa terbantu dengan hadirnya situs belanja online seperti OLX. Karena bisa membeli barang bekas harga terjangkau dengan kondisi yang masih bagus.  Beberapa barang yang pernah dibelinya antara lain motor, handpone, velg, dan mesin cuci.

Di sisi lain, dia juga bisa menjual barang-barang yang sudah tak terpakai dengan mudah dan cepat. Pria ini mengaku pernah menjual handphone, motor, velg, komputer, cakram disk motor, bahkan tanah.

Saat transaksi, Muri cenderung lebih menyukai COD walaupun sepintas cukup merepotkan, tapi menurutnya justru itu sangat baik. “Biar bagaimanapun juga transaksi COD menurut saya masih yang paling aman. Dengan COD juga bisa meminimalisir penipuan,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Latif. Pria berusia 30-an ini selalu transaksi lewat COD jika belanja online. “Selalu mas, karena senang ketemu teman baru. Biasanya jadi kawan kalau sudah COD-an,” ungkapnya. Untuk mengantisipasi penipuan atau tindak kejahatan, dia selalu janjian di tempat yang ramai seperti kantor atau mall. Menurutnya, COD justru bisa menghindari penipuan dan lebih aman. “Bisa mengecek barangnya secara langsung, puas.”

Pria yang tinggal di Bekasi ini lantas bercerita pengalaman serunya saat COD. “Jauh-jauh COD ke kantornya di Jakarta Selatan. Ternyata rumahnya sama-sama di Bekasi, tetanggaan pula. Alhasil setelah itu lanjut ngobrol ini itu,” ujarnya sembari tertawa.

Suatu ketika, Latif yang gemar bermain musik ini menjual barang di OLX dan janjian ketemu untuk COD. “Ternyata pembeli itu hobi musik juga. Jadi sering ngobrol, ketemuan bahkan pernah beberapa kali nge-jamming,” ungkap pria kelahiran Kediri ini.

Kisah di atas hanya sekelumit dari berbagai hal tak terduga yang sering kali terjadi saat melakukan COD. Intinya, selain lebih aman COD juga punya banyak manfaat baik kepada penjual maupun pembeli. Terutama bisa menambah relasi dan menjalin tali silaturahmi karena terjadi pertemuan langsung antara kedua belah pihak.

Artikel Terbaru