2015: Tahun Untuk Aplikasi Sosial di Indonesia

sosmedKehadiran beberapa aplikasi sosial seperti WeChat, Facebook dan Twitter misalnya telah membawa angin segar bagi masyarakat luas, karena sekarang masyarakat banyak menggunakan layanan data untuk aktivitas mereka sehari-hari. Meski saat ini masih terbatas pada lingkup media sosial, tapi tidak menutup kemungkinan kedepannya, banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi sosial ini, seperti mulai dari mendengarkan secara langsung atau membeli lagu, tiket film, reservasi restoran untuk makan, dan lainnya.

Berbagai macam fitur dan fungsi telah ditanamkan oleh produsen dalam aplikasi sosial, dan diharapkan kedepannya dapat menjadi satu alat yang sangat membantu kinerja dan aktivitas penggunanya sehari-hari.

David Fernando Audy, CEO WeChat Indonesia mengatakan bahwa di tahun 2015 ini, akan ada beberapa trend untuk aplikasi sosial di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

Masyarakat akan lebih memilih menggunakan ponsel pintar

Dengan semakin membaiknya jaringan internet di Indonesia saat ini, sangat berdampak bagi perkembangan sosial media khususnya. Masyarakat mulai berpindah memilih menggunakan perangkat ponsel pintar agar dapat terhubung dengan berbagai aplikasi sosial yang mereka punya. Cukup banyak faktor yang mendorong pergeseran ini. Pertama dari fungsi perangkat itu sendiri yang kaya fitur dan dapat ditambah kemampuannya dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Faktor kedua karena semakin terjangkaunya harga dari smartphone. Faktor lain yang tak kalah penting adalah lingkungan. Sebagai mahluk sosial kita sangat membutuhkan perangkat untuk dapat berkomunikasi dan terhubung dengan lingkungan disekelilingnya. Oleh sebab itu dengan dorongan dari lingkungan, seseorang yang tadinya acuh dengan teknologi, mau tidak mau harus mulai mengadaptasinya agar tidak tertinggal dengan lingkungan pertemanannya.

Kehadiran aplikasi sosial menjadi keharusan dalam sebuah smartphone

Dunia komunikasi Indonesia beberapa tahun yang lalu sempat heboh dengan serangan perangkat BlackBerry. Dimana sering muncul pertanyaan “Pin BBM kamu berapa?” menjadi suatu tren jika bertemu dengan teman maupun rekan bisnis. Karena pada saat itu hanya perangkat BlackBerry saja yang memiliki aplikasi instant mesaging BBM yang menjadikan komunikasi lebih berwarna, sehingga bagi yang tidak menggunakan perangkat tersebut akan sedikit tersisihkan dengan teman-temannya yang sudah asik mengetik di aplikasi BBM. Namun dengan munculnya smartphone dengan operating system yang lebih luas, memberikan beberapa pilihan layanan aplikasi messenger. Aplikasi–aplikasi messenger ini menjadi favorit karena menawarkan banyak sekali fitur yang menyenangkan untuk digunakan.

Aplikasi sosial menjadi alat penggerak yang lebih personal

Sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, respon terhadap aplikasi sosial di tanggapi positif mengikuti trend yang ada di dunia. Banyak orang menggunakannya untuk menyuarakan aspirasi mereka, karena mereka dapat bebas menyuarakan opini, berbagi perasaan, sharing foto dan mencari teman. Kini dengan dunia media sosial yang semakin berkembang, maka aplikasi sosial ini menjadi media yang lebih bersifat personal. Misalnya  lebih banyak lagi komunitas yang terbentuk dari aplikasi sosial. Sebagai contoh komunitas yang lahir dari aplikasi sosial adalah komunitas Bike to Work atau komunitas Nebengers, dimana nanti mereka menjadi lebih mudah berkomunikasi dan menyuarakan aspirasi yang positif melalui aplikasi sosial.

Pertemanan yang semakin tak terbatas

Dahulu sebelum masuknya dunia internet, area pertemanan manusia terjadi melalui cara yang sangat tradisonal, beratatap muka atau dikarenakan aktivitas dan minat yang sama saja. Namun kini seiring majunya teknologi internet dan maraknya aplikasi-aplikasi sosial messaging, dinding penghalang tersebut semakin runtuh. Kini kita dapat memperluas pertemanan kapan saja dan dimana saja tanpa ada batasan jarak dan waktu, bahkan tidak perlu dengan berbicara tatap muka secara langsung. Di beberapa aplikasi sosial, kita cukup hanya dengan meng-add atau mem-follow teman untuk menambah teman baru.

Fitur Hiburan akan terintegrasi ke dalam aplikasi sosial

Pada awalnya orang menggunakan aplikasi sosial ini untuk mencari teman, baik teman lama maupun mendapatkan teman baru tanpa terbatas pada jarak dan waktu. Kini aplikasi sosial sudah berkembang dengan menyediakan fitur-fitur yang menyenangkan/fun, dimana memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih personal antara pengguna dengan hobi mereka. Contohnya, chatting dengan artis idola, mengirim stiker ke teman dengan menggunakan karakter artis dan stiker yang lucu. Stiker stiker tersebut bisa mereka dowlnoad secara gratis, mendengarkan lagu-lagu favorit yang terkait dengan program musik di televisi sudah bisa dinikmati di aplikasi sosial ini.

Standarisasi baru fitur aplikasi sosial

Dengan beragamnya aplikasi sosial yang ada, maka penggunapun akan mencari aplikasi mana yang memberikan kenyamanan dan kelengkapan fitur. Para pengembang aplikasipun tidak boleh berpuasdiri hanya dengan jumlah pengguna yang banyak, karena cepat atau lambat jika mereka tidak memberikan suatu inovasi maka bukan hal yang tidak mungkin jika penggunanya berpindah ke aplikasi lain yang memberikan fitur lebih lengkap.