Bos Erajaya: Hierarki Ponsel Akan Berbentuk Diamond, Bukan Lagi Piramida

Ilustrasi smartphone kelas menengah
Ilustrasi smartphone kelas menengah
Ilustrasi smartphone kelas menengah

Jakarta, Selular.ID – Tingkatan produk handset berdasarkan segmentasi harga dan spesifikasi, membentuk hierarki piramida dengan pembagian tiga susunan yakni atas, tengah, dan bawah. Tiga level tersebut mempresentasikan ponsel kelas high end, middle range, dan low end. Hal ini diungkapkan oleh Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing dan Komunikasi Erajaya saat berbincang dengan Selular.ID beberapa hari yang lalu.

Menurut Djatmiko, piramida ponsel di Asia dan Indonesia pada khususnya seperti segitiga sama sisi dengan runcing di bagian atas dan makin melebar di area bawah. “Ini bisa diartikan bahwa jumlah tipe smartphone segmen premium lebih sedikit bila dibandingkan dengan ponsel entry level di pasaran, bila dilihat dari total model ponsel keseluruhan yang beredar,” ujar pria yang akrab dengan panggilan Pak Koko ini.

Namun demikian, Djatmiko mengatakan bahwa dari sekarang hingga dua tahun ke depan, cenderung mengalami perubahan bentuk tak lagi piramida, namun seperti diamond (berlian). Ini akibat banyaknya vendor ponsel yang mulai meramaikan segmen menengah, dengan harga terjangkau namun spesifikasinya patut diperhitungkan.

“Ketika kita (Indonesia -red) sudah membaik secara ekonomi, minat konsumen mulai mengarah ke kelas menengah. Sehingga brand-brand ponsel lebih banyak menjual smartphone mid-to-high. Pasar menengah bakal gede banget nanti,” tegasnya.

Ketika ada prediksi ke arah sana, Djatmiko menguraikan kemungkinan bahwa ponsel pintar premium masih akan ada di pasaran. Namun, peminatnya tidak seramai sebelumnya. Agar tetap eksis di industri ponsel, brand besar bakal menggenjot seri handset mereka yang berada di kelas menengah dalam menandingi kompetitor yang berseliweran di segmen tersebut. (bda)