Friday, July 10, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Acer Liquid Z500: Kamera Handal, Perfoma Optimal

Acer Liquid Z500: Kamera Handal, Perfoma Optimal

-

Acer Liquid Z500
Acer Liquid Z500

Memulai debutnya diajang IFA 2014 pada bulan September lalu di Berlin, Acer Liquid Z500 datang dengan mengandalkan kualitas suara dan kamera yang sarat akan fitur lengkap. Menjadi penghuni pasar dikelas menengah atas, Acer Liquid Z500 termasuk smartphone yang dibanderol dengan harga yang terjangkau.

[quote_box_center]
Kelebihan
+  Desain futuristik dan tipis
+  Kinerja maksimal
+  Harga bersaing
+  Kamera optimal
Kekurangan
  Flip case kurang elegan
  Suara speaker kurang keras
–  Aplikasi Acer Harus Pakai Akun AcerID

[/quote_box_center]

Desain    
Kesan pertama melihat Z500 adalah futuristik dan modern, hal in mungkin dikarenakan bodinya yang dibalut material plastik dengan kombinasi warna perak dan hitam. Apalagi dibagian depan Acer membentuk smartphone ini dengan list silver yang tipis di sekeliling bodi tanpa adanya tombol fisik.

Memiliki berdimensi cukup besar, namun tetap nyaman digunakan karena Acer Liquid Z500 berbodi tipis (8.8 mm).

Pada bagian depan didominasi layar 5 inci dengan tiga tombol navigasi standard Android saat smartphone aktif. Di atas layar nampak kamera sekunder dengan speaker earpeace.  Di bawah layar terdapat dengan lubang panel speaker yang katanya dibekali teknologi dts Studio Sound. Teknologi ini diklaim dapat memberikan kualitas audio yang lebih baik dengan suara yang jelas dan detail.

Tombol fisik baru dapat dilihat disebelah kanan (volume) dan di sebelah atas (power/unlock). Sedangkan untuk port audio 3.5mm dan port microUSB masing masing tertanam di sebelah atas dan bawah. Di bagian belakang tersedia kamera utama yang ditemani oleh LED flash serta ada tombol AcerRAPID.

Menariknya selain handset, pada paket penjualannya Acer juga menyediakan flip cover untuk Liquid Z500. Tidak hanya sebagai casing pelindung, flip cover ini juga punya fungsi yang tidak kalah penting. Saat memakai dalam keadaan tertutup, maka ada jendela kecil yang menampilkan informasi, seperti jam digital, tanggal, cuaca, dan notifikasi.  Tidak hanya itu, dalam keadaan tertutup  pengguna masih dapat mengakses musik player. Namun sayang, material casing pada akseosris ini dinilai kurang berkelas, bahkan terasa murahan.

AcerRAPID
Seperti yang kita temui pada smartphone LG, Acer juga emiliki tombol belakang yang diberinama AcerRAPID. Secara default tombol AcerRAPID digunakan mengaktifkan kamera, saat menekan lama pada tombol. Tombol ini dapat sesuai keinginan pengguna yang dapat diatur melalui menu Settings. Misalkan saat AcerRAPID dipakai untuk mengakses musik. Tombol ini dapat digunakan dengan menekan cepat untuk mengakses musik player, melakukan fungsi Pause dan Play.

AcerRapidLayar
Menggunakan jenis IPS, layar Acer Liquid Z500 terlihat terang dan tajam, apalagi dengan kualitas 16 juta warna yang menghasi pada tampilan. Untuk perlindungannya Acer juga melapisi layar ini dengan Corning Gorilla Glass 3.

InterfaceDengan luas 5.0 inci pengguna akan terasa nyaman saat menggunakan smartphone ini baik untuk bernavigasi, nonton film atau browsing. Tidak hanya nyaman dimata, respon layar juga terbilang lancar.

Interface dan Aplikasi
Mengadopsi  sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat, Acer  masih merubah total keseluruhan dari interface pada Acer Liquid Z500. Lihat saja dari tampilan unlock-nya, Acer menambahkan efek seperti air yang mengikuti graitasi didalamnya, sehingga pada saat pengguna memiringannya, air tersebut ikut miring.

Easy-modeAcer menambahkan fitur animasi pada setiap perpindahan menu pada halaman homescreen. Ada 8  animasi ini dapat dipilih pengguna sesuai keinginan. Selain itu masih ada fitur float apps. Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol recent apps. Pada bagian bawah terdapat setidaknya 8 aplikasi yang akan tampil sebagai float apps. Saat mengakses float apps, apikasi akan tampil dalam jendela kecil yang dapat diubah ukurannya.

Untuk pengguna dewasa yang tidak ingin mudah diakses orang lain saat meminjam smartphone ini, Acer juga menyediakan fitur Easy Mode yang menyediakan Basic Mode, Senior Mode, Keypad Mode, Classic Mode, dan Default Mode. Tampilan Easy Mode akan berubah menjadi lebih minimalis, mirip seperti interface yang dimiliki Nokia Lumia. Untuk mengaktifkannya pengguna harus mengatur password.

Fitur Bawaan
Secara default Acer juga mambawa beberapa aplikasi bawaan pada Liquid Z500, sebut saja abDocs, abFiles, abMusic, abPhoto, abVideo, Acer EXTEND, Acer Portal, Acer SnapNote, Acer Home, Acer Liquid, Live Updater, AcerNidus, dan AcerWall paper.

AppsDengan beberapa aplikasi ini, pengguna diuntungkan dengan sinkronisasi dokumen di mana saja lewat internet, dan keamanan dokumen lebih terjamin. Namun sayangnya untuk dapat menggunakan aplikasi ini penguna diharuskan memiliki akun AcerID lebih dahulu.

Produktivitas
Meski sudah dibekali dengan aplikasi polaris Office 5, Acer masih menambakan abDocs. Aplikasi ini dapat membaca tiga dokumen utama Office. Bahkan tidak hanya melalui smartphone, pengguna masih dapat mengedit  dan menyimpannya via PC atau ponsel, dan sebaliknya.

Untuk sinkronisasi dan integrasi dengan PC, Acer menyediakan Acer EXTEND yang dapat dihubungkan dari laptop, lewat kabel USB atau WiFi.

Multimedia
Pemutar musik di Acer Liquid Z500 bisa diakses lewat abMusic atau Play Music. Acer membawa pemutar musik yang cukup optimal. Liquid Z500 menawarkan kualitas sekelas CD untuk pemutar musiknya, karena sudah endukung file  16-bit, 44KHz seperti FLAC dan WAV, selain beberapa file musik populer lainnya.

MultimediaAkses Equlizer, dapat dilakukan dari Setting>DTS-HD Premium Sound. Pada pengaturan ini ada pengaturan nada Treble dan Bas, dengan 6 pilihan equaliser musik dan 4 pilihan equaliser. Sedangkan pemutar video bisa selain bisa dilakukan melalui gallery, Acer juga menyediakan aplikasi AbVideo .

Menggunakan teknologi dts diharapkan Acer Liquid Z00 akan menghasilkan suara yang keras. Namun saat diatur dengan volume maksimal, speaker tidak menghasilkan suara keras meski terdengar jernih dengan nada tengah lebih dominan.  Dengan keluaran audio yang tidak kencang, efek stereo dari speaker juga kurang terasa.

Selain pemutar musik dan video, Acer masih menyediakan fitur Radio FM sebagai alternatif hiburan. Fitur ini hanya dapat dimainkan jika earset dihubungkan kedalam port audio. Seperti pada fitur Radio FM kebanyakan, siaran radio juga bisa direkam dan disimpan ke memori.

Koneksi
Meski hanya menyediakan satu buah browser Chrome, tapi aplikasi yang dapat harus terkoneksi pada jaringan internet cukup banyak. Selain beberapa apliaksi Acer bawaan, Liquid Z500 juga menambahkannya dengan beberapa aplikasi jejaring sosial dan chatting seperti Facebook, Twitter dan BeeTalk. Untuk itu Acer menyediakan jalur HSDPA di dalamnya. Selain itu masih ada koneksi nirkabel Wifi dan Bluetooth. KoneksiKamera
Acer juga benamkan antarmuka kamera yang apik dengan pengaturan yang lengkap. Untuk membantu pemotretan, ada fitur pembantu seperti Touch to Capture, Posture Detection, Grid, dan Continuous Shutter.

Camera
Antarmuka aplikasi kamera

Dengan resolusi maksimal 8MP pengguna dapat mengaturnya sesuai keingunan antara 2 sampai 8 MP, dengan aspek ratio 4:3 atau 16:9. Ada pula pilihan ISO hingga 1600. Dengan pengaturan ini sangat cocok untuk mereka yang gemar bereksperimen dengan foto.

Fasilitas lainnya yang bisa digunakan masih ada HDR, Panorama, Beautification, Best Shot, Bright Magic, Smile Shutter, Multi-angle View, Presentation, Live Photo. Lalu masih ada lagi delapan pilihan scene dan 6 efek warna.

Untuk perekaman video, Acer Liquid Z500 dimungkinkan merekam resolusi Full HD. Pengguna juga akan dibantu dengan adanya video stabilizer. Hasilnya masih bisa diandalkan meski berwarna agak pucat dan kurang tajam. Kamera juga sulit mengelola cahaya backlight, sehingga objek malah tampil kurang jelas karena berlebih cahaya di sekelilingnya.

Foto selfie juga sangat dimudahkan dengan tombol AcerRAPID, pemiliknya dapat mengambil selfie dengan maksimal. Dengan kemampuan lensa kamera dan kelengkapan fitur, kualitas di luar ruang sangat jelas meski masih ditemukan noise pada hasilnya. Sedangkan untuk kualitas foto di dalam ruang, foto juga dapat diambi dengan jelas dan terang, meski ketajamannya akan lebih menurun jika pengambilan dilakukan dengan pencahayaan yang kurang.

Hasil Foto:
Indoor with Sephia
OutdoorKinerja
Dibekali chipset sekelas MediaTek MT6582 dengan prosesor quad core 1,3 Ghz serta RAM 2 GB, Z500 memiliki kinerjanya yang lancar dan responsif. Hal ini terbukti saat membuka secara bersamaan beberapa aplikasi. Perpindahan antara aplikasi aplikasi juga terbilang lancar. apalagi jika hanya melakukan browsing beberapa situs sekaligus.

Selular.ID juga melakukan test melalui aplikasi Antutu Bencmarking, melalui aplikasi ini Acer Liquid Z500, mampu mendapatkan skor sekitar 18 ribuan. Skor ini hampir sebanding dengan Asus Zenfone 5. Kami juga sempat meng-install aplikasi game sekelas 3D, Z500 dapat menjalankannya  dengan baik dan lancar tanpa ada masalah.

Benchmark
Hasil pengujian dengan Antutu Benchmark

Tidak hanya kinerjanya yang lancar, Acer juga menyediakan memori yang besar pada smartphone ini. Dari 16GB yang disedeiakan sebagai memori internal, pengguna dapat menggunakan memori  tersebut hingga 12GB untuk penyimpanan data dan penambahan aplikasi.

Latest