Thursday, December 12, 2019
Home Devices Volvo Bakal Bikin Helm Pintar Terkoneksi Cloud

Volvo Bakal Bikin Helm Pintar Terkoneksi Cloud

-

2040-54840e496469722b376d40

Jakarta, Selular.ID – Jika selama ini perangkat wearable masih lebih lazim dijumpai dalam bentuk gelang, jam tangan, atau kacamata pintar, maka ada satu lagi barang yang tidak kalah pintar. Volvo menggandeng perusahaan pembuat helm POC dan Ericsson untuk mengembangkan helm pintar yang terkoneksi ke pusat data cloud.

Selain memberikan kenyamanan, helm pintar ini juga bisa menjamin keamanan ekstra bagi pengendara. Helm pintar bisa memperingatkan pesepeda bila ada potensi bahaya di dekat mereka. Jika ada mobil lewat di persimpangan, maka helm bisa memancarkan cahaya merah sebagai pemberitahuan berkat sensor proximity.

Partnership antara Volvo Cars, POC, dan Ericsson merupakan tonggak penting guna mencegah tabrakan sesama pemakai jalan, khususnya mobil dan pesepeda,” jelas Klas Bendrik, VP and group CIO Volvo Cars.

Helm Volvo terhubung ke smartphone lewat koneksi Bluetooth. Saat terhubung ke smartphone, aplikasi terdedikasi akan melaporkan posisi pesepeda ke sistem keamanan cloud. Mobil-mobil Volvo yang dipasangi dengan teknologi bisa menampilkan notifikasi pintar tiap kali ada seorang pengendara sepeda dalam jarak dekat dan begitu pula sebaliknya.

Mengingat segala fitur yang dibawa, belum diketahui kemungkinan Volvo menggunakan software proprietari atau lisensi manufaktur lain.

Produk wearable ini belum bisa ditemui di pasaran. Helm pintar Volvo diharap bakal debut perdana di event CES 2015 mendatang.

Latest