Lumia-DenimJakarta, Selular.ID – Lama ditunggu, akhirnya update firmware Lumia Denim untuk smartphone Nokia Lumia mulai bergulir, hanya di Tiongkok untuk sekarang. Pemutakhiran sistem operasi tambahan ini diumumkan Microsoft saat gelaran IFA 2014 pada bulan September. Disusul perincian fitur-fiturnya yang dikemukakan bulan lalu. Namun, pada satu titik, tersiar kabar yang datang dari operator Inggris, memperingatkan bahwa pemilik Lumia tidak akan bisa mencicipi Denim di ponsel cerdasnya tahun ini, seperti yang direncanakan semula.

Kenyataannya perangkat lunak anyar itu bisa sampai ke beberapa perangkat Lumia sejak sekarang. Dengan prediksi, mayoritas pasar baru akan mendapatkannya pada awal 2015.

Lumia Denim dilengkapi dengan aplikasi Lumia Camera yang lebih baik dan lebih cepat, tembakan foto lebih cepat, Moment Capture dengan fitur shooting video 4K@24fps, Rich Capture (Auto HDR dan Dynamic Flash), peningkatan pengolahan gambar, Glance Screen lebih baik dengan info cuaca, kesehatan, dan kebugaran, dan aktivasi suara “Hey Cortana!”.

Sayangnya, sebagian besar fitur tersebut tidak akan kompatibel dengan semua handset Lumia, karena bergantung pada kemampuan hardware itu sendiri.

Pembaruan Denim saat ini ‘hanya’ bergulir di negara Tembok China untuk Nokia Lumia 520, 525, 526, 625, 720, 720T, dan 1320.

Untuk jajaran ponsel Nokia, rilis Lumia Denim atau Windows Phone 8.1 Update 1 ini merupakan lanjutan dari update yang cukup besar Lumia Cyan atau Windows Phone 8.1 yang baru dirilis di Indonesia Agustus silam.

Ketika Selular.ID menghubungi pihak Microsoft Indonesia (18/12/2014), mereka mengatakan tidak memiliki informasi untuk perilisan update Denim di Indonesia. Semoga saja tidak akan lama lagi, sambil tersedia untuk lebih banyak lagi tipe perangkat. (bda)