16 April 2011 11:00
Di Amerika Serikat, jejaring sosial berbasis hobi belanja yang biasa disebut social shopping, adalah salah satu tren internet di tahun ini. Hal ini berkat keberhasilan beberapa situs seperti Groupon. Karena itu banyak yang mulai tergiur oleh kemajuan ini, salah satunya adalah Zappli, sebuah perusahaan pengembang aplikasi yang merilis myShopanion, aplikasi iPhone berbasis social shopping yang diluncurkan pada musim gugur tahun lalu. Dan kini myShopanion nyatanya berkembang pesat dengan ribuan orang yang telah terdaftar sebagai penggunanya.

myShopanion tidak hanya memberikan aktivitas belanja orang-orang di friend list pengguna, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengundang teman ke jaringan belanja dan melihat produk apa yang mereka suka, tidak suka, produk yang dimiliki, atau ingin miliki. Lalu myShopanion juga dapat memberikan feed instan kepada akun jejaring sosial lainnya seperti Twitter maupun Facebook.

Aplikasi social shopping mobile lainnya seperti Scandit atau Barcode Hero menyediakan pula layanan serupa, namun pengguna hanya bisa memindai barcode atau memasukkan nomor UPC (Universal Product Code) untuk mencari produk. Sedangkan myShopanion lebih ditujukan untuk berbagi kepada orang lain tentang barang-barang di jaringan social shopping yang diinginkan atau yang baru saja mereka dapatkan. (Deni Taufiq)

 

Sumber : www.myshopanion.com (14/4/2011)