spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapLenovo Vibe Z2 Pro: Dirancang untuk Pecinta Fotografi

Lenovo Vibe Z2 Pro: Dirancang untuk Pecinta Fotografi

-

lenovo vibe z2 pro[quote_box_right]
Lenovo Vibe Z2 Pro:
Spesifikasi Teknis
Review Konsumen
Hasil Foto

[/quote_box_right]Lenovo memperkenalkan seri terbaru Lenovo Vibe Z2 Pro Limited Edition. Smartphone yang dijual dalam jumlah terbatas ini diklaim paling kaya fitur dan handal, terutama untuk kebutuhan fotografi mobile.

DESAIN
Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini berhasil membuat smartphone dengan body yang sangat tipis dan ringan, namun tetap terlihat kokoh dan elegan. Jika disandingkan dengan generasi pertama, Vibe Z2 Pro terlihat lebih bongsor. Hal ini karena untuk menampung layarnya yang berukuran besar. Saat digenggam masih terasa enak, namun kurang nyaman saat dimasukkan ke saku celana. Sudut-sudutnya lebih tegas dengan sudut yang kotak. Bobotnya ringan, dengan desain unibody yang materialnya berbahan aluminium memberi kesan mewah.

Catatan: saat penggunaan cukup aktif, ponsel terasa mudah panas. Pihak Lenovo mengklaim bahwa panas tersebut masih dalam batasan wajar. Karena aluminium mudah menghantarkan panas, sehingga mudah juga menjadi dingin.

LAYAR

Masuk ke bagian interior yakni tampilan display, terpampang antarmuka Lenovo yang atraktif. Layarnya berukuran 6 inchi jenis IPS LCD dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel dan density mencapai 490 ppi. Tampilan layarnya yang tajam dan detail dengan reproduksi warna natural terlihat menakjubkan. Rating layar ultra cerah mencapai 500+ nit.Menikmati foto dan video terasa menyenangkan. Tetap terlihat cerah, bahkan di bawah pancaran sinar matahari. Layar diilindungi pelapis anti-gores Corning Gorilla Glass 3.

Layar

KAMERA

Smartphone ini lebih ditujukan bagi pecinta mobile photography. Tak heran jika sektor kamera mendapat perhatian utama. Secara teknis, Vibe Z2 Pro dibekali sensor BSI 16 megapixel untuk kamera utama dengan dual LED Flash. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5 megapixel wide angle. Terdapat Optical Image Stabilization dan lensa 6 elemen yang meningkatkan kinerja pengambilan gambar. Smartphone juga didukung dengan kemampuan rekaman video resolusi 4K dan kecepatan 120 fps. Hasilnya memuaskan. Bahkan dengan setting auto pun bisa mendapatkan kualitas yang bagus, baik di dalam ruangan atau kurang cahaya maupun luar ruangan yang terang.

Dari sisi user interface, Lenovo menerapkan dua modus pengambilan gambar. Pertama, Smart Camera yang merupakan pengaturan otomatis. Dengan cerdas, sistem mendeteksi lingkungan obyek untuk menentukan pengaturan yang pas. Pengguna juga bisa bereksperimen dengan fitur panorama dan efek. Pengguna bisa melakukan beragam pengaturan, meski sifatnya terbatas. Untuk mendapatkan keleluasaan, bisa berpindah ke modus Professional Camera. Untuk berpindah antar mode, kadang membutuhkan jeda waktu. Antarmuka terlihat mirip dengan mode Manual di seri premium Lumia. Untuk mengatur set kamera, pengguna menggeser (slide) dari tombol virtual shutter menuju ke arah kiri. Maka muncul parameter dengan sederet menu bergaris melengkung yaitu White Balance, Focus, Speed shutter, ISO, dan EV Exposure. Selain itu juga disediakan beberapa preset untuk memotret kreatif dengan hasil cepat mencakup Panorama, Art Nightscape, Artistic HDR, Trajectory, dan Effect. Sayangnya, ada satu fitur yang absen di sini adalah kemampuan menyajikan efek bokeh / depth of field.

HASIL FOTO:
Prewedding

MULTIMEDIA

Aplikasi multimedia yang disediakan tergolong standard, yaitu pemutar music Play Music, video streaming YouTube, video player, dan FM Radio. Berkat layar Quad HD dengan kepadatan pixel yang tinggi, menonton film Full HD begitu memuaskan dengan sajian layar yang tajam, detail, cerah dan reproduksi warna natural. Kualitas audio yang keluar dari speaker juga mengesankan. Begitu jernih dan detail, meski diputar pada volume maksimal yang kencang, tidak memekakkan telinga. Jika mendengarkan melalui headphone, amplifier independent memproduksi suara yang lebih bagus.

Baca juga :  Lenovo Droplet True Wireless Earbuds Punya Desain Ergonomis dan Ringan

FITUR

Vibe Z2 Pro menyediakan dua slot kartu yang bisa dipakai untuk akses internet 3G. Slot pertama bahkan telah mendukung hingga level LTE, sehingga jika tahun depan operator sudah menyediakan layanan, bisa langsung dipakai. Untuk saat ini, cukup dengan akses internet 3,5G (42 Mbps downlink) dan HSUPA 5,76 Mbps. Selain itu, juga bisa terdapat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n sehingga pilihan akses internetnya lengkap dan cepat. Untuk menjelajah web, perambang Google Chrome yang handal sudah memenuhi segala kebutuhan.

Berkat penggunaan sistem operasi Android KitKat, ponsel ini terhubung langsung dengan beberapa layanan unggulan dari Google. Seperti Google Now yang menampilkan informasi tepat tentang berbagai hal sesuai kebutuhan. Kemudian Play Store sebagai toko aplikasi yang memuat ribuan konten aplikasi dan game yang siap diunduh. Ada Gmail yang menyediakan layanan email handal. Google Maps untuk layanan navigasi, dan sebagainya.

Baca juga :  Lenovo ThinkSmart Core Sekarang Tersedia Secara Global

Secara default, di Vibe Z2 Pro sudah ada tiga aplikasi jejaring sosial populer yaitu Google +, Twitter dan Facebook. Sedangkan untuk instant messaging, pengguna bisa mengakses Google Talk (Hangouts), WhatsApp dan Skype sebagai fitur built-in. Layanan-layanan tersebut cukup popular dan memiliki jumlah pengguna yang cukup besar di Indonesia. Pengguna bisa terus terhubung dengan teman, keluarga dan mitra dengan memanfaatkan berbagai layanan yang ada.

Semakin melengkapi berbagai kebutuhan, Lenovo menyertakan beberapa game untuk menghibur pengguna yang gemar bermain. Ada 3 pertandingan yang disediakan secara preinstalled yaitu Asphalt 7, Real Football, dan Green Farm 3. Setelah mengunduh data, pengguna bisa langsung memainkan game-game tersebut sekaligus bisa langsung menguji kinerja ponsel saatdigunakan untuk bermain game. Hasilnya memuaskan. Perpaduan prosesor dan GPU Adreno 330 bekerja dengan baik sehingga setiap game bisa dimainkan mulus tanpa lag.

FITUR KHUSUS

Upaya Lenovo untuk eksis di pasar smartphone terlihat serius. Selain merancang hardware dan user interface yang bagus, juga mempersiapkan beberapa aplikasi penunjang. Bagi yang peduli terhadap keamanan data, SecureIt bisa menjadi “satpam” yang selalu berupaya menjaga ponsel agar aman. Beberapa fiturnya antara lain Antivirus, Privacy Guard, Data Usage, Anti-Spam, Speed Up, Private Space, Anti-Theft, dan parental control. Kemudian Power Manager bisa memberikan pengaturan yang optimal agar baterai awet. Juga ada SYNCit yang merupakan layanan backup data dan ShareIt untuk mengirim file secara cepat ke perangkat lain.

KINERJA

Vibe Z2 Pro ditahbiskan sebagai smartphone kasta tertinggi Lenovo untuk saat ini. Untuk itu spesifikasinya pun memakai yang kelas atas. Jeroannya memakai System on a Chip (SoC) Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 32 bit dengan CPU Quad-core 2.5GHz Krait 400 dan GPU Adreno 330. Sementara itu RAM berkapasitas 3GB dengan memori internal 32GB namun tanpa tambahan kapasitas eksternal. Dipakai berjam-jam dengan penggunaan aplikasi secara multi tasking, memberikan respon yang cepat dan mulus tanpa mengalami penurunan performa. Membuktikan ketangguhan prosesornya.

Terdapat peningkatan signifikan pada daya tahan dengan membenamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, pihak Lenovo mengklaim ponsel bisa dipakai dengan penggunaan heavy usage di jarigan WiFi selama 2 hari. Dari pengujian di jaringan selular dan WiFi dengan penggunaan wajar, baterai sanggup bertahan hingga 30 jam. Terdapat aplikasi Power Manager yang member informasi lengkap penggunaan baterai sekaligus pengaturan optimal agar lebih awet. Dilengkapi pula dengan Ultimate Saving Mode yang hanya memberikan fungsi dasar ponsel (telepon, sms, alarm). Berguna jika baterai hampir habis, smartphone bisa tahan jauh lebih lama.

spot_img

Artikel Terbaru