advan-tabletJakarta, Selular.ID – Ini merupakan pencapaian yang membanggakan dalam sejarah industri selular Tanah Air. Untuk pertama kalinya, merek lokal berhasil mengalahkan brand global terkemuka di level regional Asia Pasifik. Lembaga riset IDC dalam laporan terbarunya menyebutkan bahwa di kuartal ketiga tahun 2014 Advan berhasil menduduki posisi kedua dalam jumlah shipment tablet terbanyak di Asia Pasifik. Menggeser posisi Apple dengan produknya iPad yang di kuartal sebelumnya di posisi kedua menjadi posisi ketiga. Tablet lokal tersebut menduduki posisi kedua dengan market share 13,5%, tepat di bawah Samsung yang masih merajai dengan pangsa pasar 23,3%. “Dua bulan lalu kami masih berada di posisi ketiga se-Asia Pasifik. Sekarang kami telah berhasil menempati posisi runner-up. Semoga dalam 2 bulan ke depannya kami bisa berada di posisi puncak,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

BACA JUGA:
IDC: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q3 2018

idcUntuk semakin memperkuat posisinya, beberapa hari yang lalu Advan melakukan nota kesepahaman dengan perusahaan teknologi Microsoft. Penandatanganan MOU tersebut dilakukan oleh Tjandra Lianto dan Jude Buckley, Corporate Vice President Consumer Channels Group, Microsoft Worlwide di Hotel Aston Kuningan, Jakarta (3/12). Kerjasama ini sekaligus sebagai bentuk ambisi Advan untuk menguasai pasar tablet berbasis Windows. ”Terlaksananya pengukuhan kerjasama hari ini mengartikan kesiapan dan keyakinan kami bersama Microsoft untuk memaksimalkan potensi market tablet PC tanah air dan titik awal perjalanan baru Advan dalam menoreh kesuksesan kembali sebagai pemimpin pasar tablet Windows PC no.1  bersama Microsoft,” ujar Tjandra.

BACA JUGA:
Pasar Wearable Device Diprediksi Tumbuh Dua Digit Pada 2022

Terkait kerjasama tersebut, sebagai permulaan Advan telah merilis dua tablet Vanbook W80 dan W100. Tak hanya mengincar pengguna secara umum, Advan juga akan merilis tablet Windows yang mengincar pengguna usia muda dan juga professional. Variasinya juga akan lengkap mulai dari pilihan ukuran layar yang paling kecil hingga besar.

Di sisi lain, meski sudah melakukan kerjasama strategis dengan Microsoft, Advan tidak akan meninggalkan Android. “Semuanya bisa seiring sejalan, karena target pasarnya berbeda,” kata Tjandra. Yang jelas, dengan pencapaian ini pihaknya semakin optimis untuk berambisi menjadi pemain tablet PC No 1 di Asia Pasifik. Langkah partnership yang dilakukan beberapa bulan ini memang terlihat agresif. Sebelumnya, pada Agustus silam brand lokal ini berhasil meminang klub sepakbola bergensi Barca. Mereka merilis serangkaian produk dengan branding Barca untuk memikat fans klub sepakbola asal Spanyol tersebut.