Friday, August 23, 2019
Home News Dampak Instagram Bersih-bersih Spam, Bieber Kehilangan 3.5 Juta 'Beliebers'

Dampak Instagram Bersih-bersih Spam, Bieber Kehilangan 3.5 Juta ‘Beliebers’

-

JBJakarta, Selular.ID – Layanan berbagi foto, Instagram, baru saja menyelesaikan ‘pembersihan’ jutaan akun yang ditandai sebagai pelaku penyebar spam, malah memicu kemarahan sejumlah pengguna ‘sah’ yang kehilangan sejumlah pengikut akibat ulahnya.

Pencucian besar-besaran itu dijuluki “Instagram Rapture” oleh orang-orang yang kehilangan banyak sekali pengikut. Jejaring sosial yang sekarang dimiliki Facebook ini sebelumnya telah memperingatkan pengguna layanan bahwa penghapusan akun spam akan terjadi bulan ini (Desember 2014).

[quote_center]“Kami akan menonaktifkan akun spam dari Instagram secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengalaman Anda.”[/quote_center]

Akibat ulah Instagram, banyak akun pesohor yang kehilangan sejumlah besar pengikut. Justin Bieber contohnya, kehilangan lebih dari tiga setengah juta pengikut. Sementara akun Instagram sendiri, ironisnya, kehilangan pengikut paling banyak, lebih dari 18 juta.

Beberapa pengguna tidak senang dengan ‘pengusiran paksa’ ini karena menjadikannya kehilangan begitu banyak pengikut, misalnya blogger video Jamie Curry, yang men-tweet (19/12/2014):

[quote_box_left]@jaamiecurry “I lost 30k followers on instagram omg”[/quote_box_left]

Seperti banyak layanan online populer lainnya, Instagram telah menjadi target besar spam, sehingga tidak mengherankan jika mereka mencoba untuk mengurangi ‘sampah’ secara signifikan.

Dalam Community Guidelines perusahaan yang ketat, tercantum pelarangan posting pesan spam ke pengguna lain di bagian komentar dari foto yang diunggah. Nah, pemilik akun spam tadi (mungkin), diidentifikasi dari point ini.

Semoga upaya Instagram bulan ini benar-benar akan menurunkan jumlah spam di masa depan, setidaknya di layanannya, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi lagi kepada para penggunanya. (bda)

Latest