Rating aplikasi ini terbilang tinggi dan sudah diunduh hampir 50 juta kali. Menjadikan Clean Master aplikasi yang punya reputasi untuk menyegarkan memori ponsel Android Anda.

Karena banyaknya aplikasi gratisan di Google Play, budaya install dan uninstall menjadi suatu yang wajar dalam keseharian. Salah satu imbas yang langsung terasa adalah pada urusan memori, akibat banyak aplikasi yang berseliweran di ponsel, membuat cache cukup banyak. Sebagai informasi, cache adalah file temporer yang berasal dari semua aplikasi. Seiring dengan berjalannya waktu jumlah file temporer akan bertambah, mengambil banyak ruang memori dari ponsel Anda.

Nah, untuk membersihkannya memang bisa dilakukan manual, tapi dipastikan repot dan makan waktu.  Untuk menyiasatinya Anda bisa mencoba gunakan Clean Master, aplikasi besutan KS Mobile ini akan membantu Anda untuk membersihkan cache, uninstall aplikasi, task killer dan menghapus files, bookmark dan SMS. Untuk soal cache, tap “History” dan Anda akan mendapatkan daftar dari semua aplikasi yang dimiliki berikut jumlah cache-nya. Sebagian besar akan dikategorikan sebagai System Cache. Anda dapat memilih membersihkan System Cache, atau Anda dapat memilih sendiri cache dari aplikasi mana yang harus dibersihkan.

Ukuran File         : 5.2MB
Unduh             : Google Play
Kategori         : Tools
Harga             : Gratis
Developer         : Cheetah Mobile

Clean Master ui

1.    Tampilan awal aplikasi ini menyakian kapasitas terkini dari memori internal dan memori eksternal (MicroSD).
2.    Seiring banyaknya aplikasi yang Anda unduh, baik yang telah tidak digunakan, tetap menyimpan cache yang akan memenuhi kapasitas memori.

Clean Master ram
3.    Task Killer, digunakan untuk mematikan paksa aplikasi yang tidak aktif namun terus berjalan di RAM (random access memory).
4.    Visual saat proses pembersihan cache dalam notifikasi berupa persentase.

Clean Master cache
5.    Di Privacy Anda dapat menghapus SMS/MMS, aktivitas telepon, dan sejarah pencarian.
6.    Agar cache tidak terus bertambah, maka idealnya harus diperlukan secara berkala. Pada menu setting terdapat pengaturan untuk pembersihan otomatis secara berkala, berikut ukuran file-nya.