Tuesday, April 7, 2020
Home Insight 10 Trend Strategi Teknologi Menyambut 2015

10 Trend Strategi Teknologi Menyambut 2015

-

Ilustrasi tren teknologi (foto: istimewa)
Ilustrasi tren teknologi (foto: istimewa)

[quote_center]Gartner mengidentifikasi beberapa trend teknologi stategis yang akan bermanfaat bagi perusahaan di tahun 2015.[/quote_center]

Tahun 2014 tersisa tinggal dua hari. Setelah itu, kita memasuki tahun baru 2015. Dari segala pencapaian yang telah dilalui sepanjang tahun ini, tersimpan asa tahun depan jauh lebih baik. Perusahaan pun telah melakukan evaluasi dan menyiapkan serangkaian jurus agar bisa memenangkan pasar di 2015.

Setidaknya ada beberapa tema teknologi strategis yang akan menjadi tren di tahun 2015 nanti, antara lain yaitu konvergensi antara dunia nyata dan virtual, perangkat pintar yang muncul dimana-mana dalam berbagi aspek kehidupan dan dampak teknologi dari pergeseran bisnis digital.
(Baca: Inilah Tren Digital yang Nge-hits di 2015)

Hal ini diungkapkan analis lembaga riset teknologi informasi Gartner,Inc. ketika menjelaskan hasil identifikasi analsis mereka terhadap trend teknologi strategis tahun 2015. pada acara konferensi raksasa mengenai teknologi dan IT, Gartner Symposium ITXPO 2014, Gartner mengidentifikasikan trend teknologi strategis sebagai salah satu yang memiliki dampak terhadap perusahaan hingga tiga tahun kedepan, beberapa tren teknologi strategis ini dapat menjadi perhatian utama dalam proses perencanaan strategis perusahaan ke depan.

1. Komputasi di mana saja

Dengan semakin berkembangnya perangkat mobile, ekosistem komputasi mobile semakin terbentuk. Gartner memprediksi akan terjadinya peningkatan terhadap kebutuhan layanan pengguna yang semakin beragam dan tidak hanya fokus pada pengembangan perangkat mobile-nya saja.

2. The Internet of Things

Semua serba internet, terkoneksinya perangkat yang satu dengan yang lain melalui kombinasi real time data akses dan layanan serba digital merupakan potensi yang dapat dikembangkan untuk berbagai aspek usaha.

3. 3D Printing

Industri baru, aplikasi biomedis dan beragam aplikasi konsumen akan terus menunjukkan bahwa 3D printing solusi layak dan efektif untuk mengurangi biaya melalui peningkatan desain dan efisiensi prototyping. Pengiriman printer 3D terus meningkat dan diperkirakan akan tumbuh 98 persen pada tahun 2015 apalagi harganya semakin terjangkau.

4. Analisa detail, menyeluruh dan tak terlihat

Sebelum mengambil keputusan, organisasi membutuhkan data analisa yang mendalam dan menyeluruh termasuk menyaring data dalam jumlah besar yang datang dari internet of thing, media sosial dan perangkat wearable, dan kemudian memberikan persis informasi yang tepat kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat.

5. Context-Rich Systems

Perangkat cerdas yang ada dimana-mana ketika dikombinasikan dengan analisa yang mendalam dapat dikembangkan menjadi aplikasi sistem pengingat langsung (berupa konten yang menarik) yang dapat memahami kebutuhan pengguna di situasi yang tepat dengan respon yang cepat.

6. Smart Machines

Kini era nya mesin pintar, smart car atau connected car, robot canggih, asisten virtual pribadi dan penasihat pintar (smart advisors) akan terus berkembang cepat, mengantarkan era baru asisten mesin pintar.

7. Komputasi Awan

Konvergensi cloud dan komputasi mobile akan terus mendorong pertumbuhan kebutuhan aplikasi dan layanan komputasi awan (cloud computing). Tidak hanya dengan satu perangkat saja, koordinasi, manajemen data dan beragam aplikasi layanan berbasis awan dapat dilakukan melalui beberapa perangkat sekaligus bersamaan.

8. Software Penentu Aplikasi dan Infrastruktur

Untuk menghadapi tuntutan bisnis digital yang berubah dengan cepat komputasi harus berubah dari model statis ke model dinamis. Software program yang handal baik dari aplikasi hingga infrastruktur dasar sangat penting, termasuk fleksibilitas pengelolaan jaringan, penyimpanan, data center, cloud dan keamanan

9. Web-Scale IT

Web-Scale IT adalah pola komputasi kelas global yang memberikan kemampuan penyedia layanan cloud menyeluruh dalam perusahaan. Lebih banyak organisasi akan mulai berpikir, bertindak dan membangun aplikasi dan infrastruktur seperti raksasa Web seperti Amazon, Google dan Facebook.

10. Keamanan Berbasis Resiko dan Pertahanan Diri

Semua aktifitas kegiatan di era digital membutuhkan jaminan keamanan. Aplikasi yang didesain secara security-aware, pengujian keamanan aplikasi dinamis dan statis, self-protection untuk aplikasi runtime dikombinasikan dengan active context-aware dan kontrol akses adaptif adalah semua yang diperlukan dalam dunia digital yang berbahaya saat ini.

TERBARU

Demi Turunkan Harga Z Flip, Samsung Siap Produksi Layar...

Jakarta, Selular.ID - Samsung dikabarkan berencana untuk memproduksi kaca layar lipat miliknya sendiri. Langkah...

iPhone 12 Pro Akan Hadir dengan Dukungan Teknologi Lidar

Jakarta, Selular.ID - Apple sedang bersiap menghadirkan iPhone 12 flagship tahun ini. Bocoran mengungkapkan...

Layanan Broadband Telkomsel Naik 16% Selama Pandemi Covid-19

Jakarta, Selular.ID - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI...

Latest