Guna menaikkan penjualan, beberapa brand mengadakan promosi harga. Sumber channel distribusi mengatakan bahwa pemangkasan harga bertujuan untuk menaikkan brand-awareness di mata konsumen. Namun ternyata, strategi tersebut tidak menguntungkan bagi distributor dan brand itu sendiri.
Di pasar tablet 10 inchi, distributor mengatakan masih bisa mempertahankan profit. Karena harga tablet 10 inchi mahal, maka konsumen cenderung membeli asesoris untuk melindunginya. Dan margin profit pada asesoris biasanya besar.
Sebaliknya, produk tablet 7 inchi relatif terjangkau dan distributor menyatakan konsumen enggan membeli asesoris untuk menghiasi atau melindunginya. Hal inilah yang mengikis keuntungan distributor.
Untuk brand sendiri, persaingan harga tidak membantu menaikkan nilai brand. Apalagi, konsumen membeli produk dari sebuah brand karena kualitas, garansi, dan layanan purna jual. Semua unsur itu membutuhkan biaya. Jika brand terus mengadakan perang harga dan mengerucutkan margin profit, sumber daya akan cepat habis dan perusahaan sendiri yang akan menderita kelak. (Khoirunnisa)