Thursday, December 5, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Acer Liquid E700: Melaju dengan Tiga Kartu

Acer Liquid E700: Melaju dengan Tiga Kartu

-

AcerLiquid E700
AcerLiquid E700

Pertarungan smartphone Android kian sengit. Acer berusaha eksis dengan membuat diferensiasi tiga kartu pada produk terbarunya Liquid E700. Cocok bagi pebisnis atau traveler yang membutuhkan komunikasi terjangkau.

DESAIN

Acer Liquid E700 tampil dengan desain yang cantik. Walau tidak sama persis, bagian depan mengingatkan pada desain HTC One dengan penempatan lubang speaker di bawah dan di atas layar. Yang menarik, di muka terdapat lampu kilat LED flash untuk membantu pencahayaan ketika pengguna ingin foto selfie.

Di bagian belakang, casing menggunakan material berbahan plastik dengan warna hitam dof yang kesat. Tepat di bawah lensa kamera, terdapat tombol AcerRapid yang dapat digunakan untuk mematikan / menyalakan layar, mengakses kamera, mengambil foto, membuka aplikasi dari layar utama, dan menjawab telepon. Secara umum, desainnya ergonomis, dengan pengoperasian lewat satu genggaman yang nyaman.

Catatan: meski cover belakang bisa dilepas, tetapi tidak untuk membuka baterai karena menyatu dengan ponsel. Cover tersebut untuk akses tiga slot kartu dan slot micro SD.

LAYAR

Smartphone ini punya bentang layar ukuran 5 inchi yang mengusung teknologi IPS LCS capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusinya HD dengan kepadatan pixel yang cukup tinggi, yaitu 294 ppi (pixel per inch). Cukup nyaman dipakai untuk menonton konten film, foto dan jelajah web.

Tingkat responsivitas layar sentuh cukup tinggi. Layar juga bisa beroperasi meski pengguna memakai sarung tangan dengan mengaktifkan fitur Gloves Mode di pengaturan.

Antarmukanya memakai dasar UI Android, namun dengan sedikit modifikasi dan penambahan. Yakni memakai Float UI yang bisa menjalankan mini apps di layar dan juga pilihan Mode Cepat.

KAMERA

Di sektor fotografi, Acer telah membekalinya dengan kamera utama 8 megapixel dan kamera sekunder 2 megapixel. Modalnya sudah mencukupi untuk kebutuhan fotografi ponsel. Menu pendukung pada kamera cukup lengkap mencakup flash light, auto focus, macro mode, panorama, smile detection, multi angle view, geotag, dan sebagainya.

Dengan bekal prosesor yang mumpuni, proses pengambilan gambar menjadi cepat terutama dengan adanya fitur zero shutter delay. Kemudian untuk rekam video resolusi maksimumnya 1920×1080 pixel atau sudah dapat merekam kualitas setara HD. Menu pendukung dalam rekam video adalah EIS, mikrofon, efek, dan video quality.

TIGA SIM CARD

Smartphone dengan dua kartu SIM sudah banyak ditemui di pasaran. Tetapi rupanya Acer merasa belum cukup, sehingga di seri terbarunya ini mendukung hingga tiga kartu sekaligus dengan jenis micro SIM card di jaringan GSM.

Tiga kartu SIM dapat siaga bersama dengan penggunaan yang bergantian. Pihak Acer mengatakan bahwa smartphone ini lebih cocok bagi pebisnis atau traveler yang memiliki banyak relasi, sehingga menghemat komunikasi dengan tiga kartu. Seharusnya akan lebih bagus jika tidak hanya GSM, tetapi juga mendukung CDMA. Namun perusahaan ini berkilah CDMA tidak memiliki masa depan.

INTERNET

Fasilitas yang melengkapi fitur konektivitas quad band adalah HSDPA dan WiFi. Kebutuhan menjelajah dunia maya, bisa dilakukan lewat browser Android native maupun Chrome. di Google Chrome, pengguna bisa sinkronisasi dengan browser yang ada di komputer sehingga setiap riwayat halaman web yang dikunjungi otomatis akan bisa diakses di perangkat lain dengan akun yang sama.

MULTIMEDIA

Hiburan menjadi faktor yang ditonjolkan di ponsel ini. Terbukti dengan dibenamkannnya DTS untuk meningkatkan kualitas audio. Pada bagian aplikasi, terdapat Play Music yang jika di beberapa negara maju menyediakan online music store. Ada juga, fitur radio FM yang bisa sekalian merekam siaran. Untuk menyimpan stasiun radio favorit, hanya tinggal tekan tombol bintang hingga berwarna biru. Selain itu, ada video player untuk memainkan konten video yang tersimpan di ponsel dan YouTube untuk menonton streaming video populer.

LAYANAN GOOGLE

Berkat penggunaan sistem operasi Android KitKat, ponsel ini terhubung langsung dengan beberapa layanan unggulan dari Google. Seperti Google Now yang menampilkan informasi tepat tentang berbagai hal sesuai kebutuhan. Kemudian Play Store sebagai toko aplikasi yang memuat ribuan konten aplikasi dan game yang siap diunduh. Ada Gmail yang menyediakan layanan email handal. Google Maps untuk layanan navigasi, dan sebagainya.

 SOCIAL MEDIA

Penggunaan smartphone  saat ini tidak lepas dari kebutuhan untuk akses layanan jejaring sosial dan chatting. Di ponsel ini, beberapa aplikasi telah disediakan secara langsung (preinstalled) sehingga pengguna tak perlu mengunduhnya, yaitu Facebook, Google Talk, Google+ Messenger. Aplikasi jejaring sosial ini terintegrasi dengan sistem buku telepon, sehingga mempermudah akses dan kontak menjadi lebih kaya.

Jika ingin menggunakan jejaring sosial lainnya seperti Twitter, Path, Instagram, maka pengguna harus mengunduhnya terlebih dulu di Google Play Store.

OFFICE

Tak hanya menyediakan fasilitas untuk bersenang-senang, ponsel ini juga handal untuk dipakai sebagai perangkat bekerja secara mobile. Pengguna bisa menjalankan aplikasi Polaris Office 4 jika ingin akses dokumen perkantoran. Ada empat format yang didukung untuk pembuatan file yaitu Word, Excel, Power Point, dan Text.

Polaris adalah salah satu aplikasi Office terbaik yang ada di Android dengan fitur yang cukup lengkap. Apalagi aplikasi yang disertakan di sini adalah full version, sehingga pengguna bisa menikmati segala fasilitas yang ada, termasuk kemampuan akses ke layanan cloud Box.net, Dropbox, dan Google Drive.

ACER CLOUD

Acer tak hanya menjual produk dengan fitur yang berasal dari Android, melainkan juga menyediakan layanan yang mempermudah pengguna terhubung dengan konten yang dimilikinya lewat fitur bertajuk Acer Cloud. Ini adalah layanan penyimpanan file berasis cloud yang disediakan Acer. Pengguna bisa menyimpan file dokumen, foto, video dan musik secara gratis di server milik Acer. Data tersebut bisa diakses dari mana saja, termasuk dari perangkat komputer dan laptop selama ada aplikasi Acer Cloud dan terhubung ke internet.

KINERJA
Di bagian jeroannya, Acer Liquid E700  dibekali dengan senjata yang cukup mumpuni. Sebagaimana beberapa produk Acer lainnya, E700 memakai chipset buatan Mediatek yang terkenal affordable. Prosesornya Quad Core 1,2 GHz Cortex A7 dengan kartu grafis memakai GPU Mali-400. Sementara itu memori RAM sebesar 2GB. Dipadu dengan sistem operasi Android KitKat, performanya lancar dan mulus. Secara umum, sudah memenuhi kebutuhan meski banyak kompetitor yang memiliki prosesor jauh lebih cepat bahkan hingga Octa Core.

Dengan tiga kartu dalam satu ponsel, sudah jelas konsumsi baterainya akan tinggi. Karena jaringan mengonsumsi daya yang cukup banyak. Acer mengakalinya dengan membenamkan kapasitas baterai yang besar yakni 3.500 mAh. Saat dicoba, daya tahan baterai cukup awet. Untuk penggunaan wajar, bisa bertahan hingga dua hari satu malam.

 

Latest