22 January 2014 16:00
Operator kenamaan Korea, SK Telecom, berencana untuk memperkenalkan jaringan LTE (Long Term Evolution)-A yang telah diperbarui pada akhir 2014. Hebatnya, update jaringan ini diklaim mampu menghantarkan kecepatan hingga 300 Mbps.SK Telecom mampu menggandakan standar kecepatan LTE-A yang semula 150 Mbps, dengan memanfaatkan teknologi baru yang disebut 3band LTE-Advanced. Sistem ini bergantung pada penggabungan band frekuensi yang berbeda (20MHz+10MHz +10MHz) untuk menggandakan throughput dan mencapai kecepatan downlink mengesankan 300Mbps. Dalam proyek SK Telecom, operator berencana untuk menggunakan 20MHz dan 1.8GHz band dalam konjungsi dengan 10MHz dan 800MHz band.

“Dengan keberhasilan pengembangan LTE-Advanced 3 Band CA, SK Telecom semakin memperkuat kepemimpinan global dalam teknologi telekomunikasi,” kata Park Jin-hyo, Senior Vice President dan Head of Network Technology R & D Center di SK Telecom. “SK Telecom akan terus melakukan upaya keras untuk memberikan kualitas pelayanan dan kecepatan yang tak tertandingi, yang akan mengarah pada kemajuan keseluruhan industri telekomunikasi global.”

Tak perlu menunggu waktu lama untuk melihat “keajaiban” update teknologi tersebut. Carrier ini akan mendemokan teknologi LTE-A baru pada event tahunan Mobile World Congress di Barcelona bulan depan. Lebih lanjut, perusahaan juga akan menunjukkan 450Mbps LTE-Advanced dengan menggabungkan tiga komponen (20MHz+ 20MHz+20MHz).

Sementara itu, pelanggan SK Telecom akan dapat menikmati layanan super-cepat ini pada akhir tahun 2014. Tentu saja, asal mereka memiliki perangkat yang telah mendukung LTE–A.

Pada Juni 2013, SK Telecom dan Samsung telah mengorbitkan layanan LTE-A generasi pertama (150Mbps) di Korea Selatan dalam model Galaxy S4 versi Snapdragon 800. (Choi)

 

Sumber : http://www.sktelecom.com/en/press/