19 August 2013 16:00
Media sosial adalah situs-situs online yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi maupun membangun pertemanan secara online. Salah satu contohnya adalah Twitter. Layanan ini telah digunakan untuk sejumlah cara yang menarik, seperti mengeluarkan uneg-uneg, mempromosikan hotel/tempat makan seru, hingga sebuah cerita di mana seorang wanita memposting Tweet untuk meminta bantuan saat terkunci di sebuah gereja.

Dilihat secara global, popularitas Twitter di Jepang sangat jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain. Saking tenarnya, pengguna di Jepang menggunakan jejaring sosial ini tidak hanya untuk sekedar posting tulisan biasa, namun juga mempublikasikan data pribadi mereka, seperti nomor telepon, informasi rekening bank, sampai alamat rumah sebagai bagian dari sebuah trend baru.

Pengguna Twitter Jepang menjuluki aksi iseng ini sebagai “festival mengungkap nomor telepon”, di mana pengguna menyempilkan informasi pribadi sebagai cara untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna lain. Jadi, tidak hanya saling mem-follow.

Tren ini dimulai oleh Kazuma Ieiri, yang menerbitkan informasi pribadi pada akun Twitter-nya sebagai cara untuk berkomunikasi dengan orang-orang baru. Dalam akun Facebook, Kazuma membeberkan alasannya serta menyadari adanya risiko penerbitan informasi online miliknya, tetapi dia lebih tertarik untuk memiliki percakapan dengan orang-orang baru ketimbang memikirkan tindakan berbahaya yang mengintai.

Apa pun tren yang berasal dari Jepang biasanya menjadi populer di negara-negara lain di seluruh dunia. Lantas, bagaimana dengan “fad” satu ini. Apakah Anda punya nyali untuk mengirim informasi pribadi online di Twitter? (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ubergizmo.com