25 June 2014 09:23
Jakarta – Tablet yang beredar di pasar sudah begitu banyak dari yang murah mulai Rp 700 ribuan hingga puluhan juta. Agak sulit mengenali tablet yang satu dan lainnya jika bentuknya nyaris seragam. Maka, Panasonic mencoba membuat diferensiasi terhadap produk yang dibesutnya dengan menonjolkan sisi ketangguhan. Hari ini di Jakarta (24/6/2014), produsen elektronik terkemuka ini meluncurkan seri terbarunya Toughpad FZ-M1.
Karena menonjolkan ketangguhan, maka desain tablet inipun terlihat kokoh dengan aksen khas perangkat outdoor. Penggunaan fully-rugget membuat tablet ini terasa sangat solid dan kokoh serta tahan terhadap benturan dari sisi manapun. Dengan bodinya yang tipis, tablet ini tetap kuat apabila jatuh dari ketinggian lima kaki. Selain itu, tablet berbasis Windows 8.1 Pro 64-bit ini telah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G dan standard IP65 untuk ketahanan terhadap air hujan dan debu bahkan tenggelam di bawah air. Bahkan, tablet ini bisa tetap hidup dalam suhu minus 5 derajat celcius sampai 60 derajat celcius (disarankan hingga 30 celcius). Untuk membuktikan ketahanan fisik, tablet FZ-M1dibanting saat berada di dalam balok es. Ternyata sama sekali tidak ada masalah, tablet tetap beroperasi dengan normal.
Dalam sambutannya, Jun Matsuo, Director dari Toughbook Asia Pacific Group, mengatakan bahwa Toughpad FZ-M1 dirancang untuk memenuhi kebutuhan pekerja-pekerja. “Panasonic sadar bahwa sebagian besar tenaga kerja bergerak (mobile) sekarang memerlukan peralatan yang bisa diandalkan dalam lingkungan apapun supaya bisa menyelesaikan tugas mereka tanpa kompromi. Protabilitas, daya, konektivitas, pilihan konfigurasi serta ketangguhannya membuat tablet ini ideal untuk menghubungkan pekerja dengan misi penting dengan data yang mereka butuhkan pada saat apa saja, di mana saja,” ujar Matsuo.
Panasonic Toughpad FZ-M1 diklaim sebagai salah satu tablet fully-rugget paling ramping dan ringan. Tablet yang diklaim bisa hidup 8 jam ini memiliki kamera belakang 5MP, fitur kemanan kelas enterprise (encryption, IPsec VPN, root protection, mobile device management). “Teknologi embedded security pada generasi keempat prosesor Intel Core vPro dirancang untuk membantu system admin mengelola keamanan TI dalam lingkungan perusahaan,” kata Yadi Karyadi, Business Development Manager Enterprise Solution & Sales, Intel Indonesia.
Sebagai alternatif, tablet ini juga hadir dalam versi memakai prosesor Intel Celeron yang dirancang untuk para pengguna yang tidak memerlukan keamanan data super tinggi sehingga harga lebih terjangkau. Sementara itu untuk penyimpanan internal terbagi dalam dua opsi. Yakni, 128GB SSD (256GB SSD pilihan tersedia) dengan RAM 4 GB (pilihan Intel Core i5 vPro) atau 128GB eMMC dengan RAM 2 GB untuk prosesor Intel Celeron.
Seperti lini Panasonic Toughpad TM lainnya, Toughpad TM FZ-M1 memberikan berbagai pilihan konfigurasi. Meliputi GPS yang terdedikasi; Ethernet atau serial port; near field communications (NFC), SmartCard reader, barcode reader, UHF radio-frequency identification (RFID), atau magnetic stripe reader dan stylus.
Dilihat dari segala kemampuan yang ditawarkan, tablet ini memang bukan ditujukan untuk konsumen umum, melainkan pekerja di industri. Tertarik memilikinya? Toughpad FM-Z1 tersedia di Indonesia mulai Juli 2014 dengan harga USD2.199 (sekitar Rp24 jutaan). (Bambang)

 

 

Sumber : www.selular.co.id