Sunday, April 21, 2019
Home News Telkomsel Prediksi Lonjakan Layanan Ramadhan dan Lebaran 2013 Hingga 50%

Telkomsel Prediksi Lonjakan Layanan Ramadhan dan Lebaran 2013 Hingga 50%

-

27 June 2013 21:00

Semarang – Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel menggelar uji jaringan dengan para jurnalis. Menurut operator plat merah tersebut, hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan dalam melayani lonjakan trafik komunikasi selular yang diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadhan, dan terutama pada saat Lebaran. Uji jaringan  kali ini dikomandoi oleh Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief yang melewati jalur Kereta Api (Jakarta – Semarang) dan Bus (Semarang – Solo).Menurut Abdus Somad, rata-rata lonjakan untuk semua layanan selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai  antara 20 – 50% dibandingkan hari biasa. Hal tersebut telah diantisipasi  dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran sebesar 22% – 43% sesuai perkiraan kebutuhan setiap kawasan, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 22%, Jawa Tengah 43%, dan Jawa Timur 26%.

“Mengacu kepada data dan trend kenaikan trafik komunikasi, tim kami melakukan identifikasi tempat-tempat yang akan menjadi tujuan aktifitas pelanggan selama periode Ramadhan, Arus Mudik, Hari Raya Lebaran dan Arus Balik,” ujarnya di dalam kereta Argo Muria yang berhenti di Semarang (27/6/2013). Dijelaskan lebih lanjut, khusus di tempat-tempat tersebut kapasitas akan dimaksimalkan dengan aktivasi seluruh fitur dan berbagai improvement untuk peningkatan kapasitas. Pihaknya juga menyiapkan tambahan mobil BTS COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) sebanyak 50 (Lima Puluh) unit untuk ditempatkan di titik-titik strategis di seluruh Indonesia.

Disamping upaya penambahan kapasitas yang sifatnya periodik, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station), di seluruh Indonesia. Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 7.500 BTS telah on-air sehingga total angka BTS yang dimiliki oleh Telkomsel hingga akhir Juni 2013 mencapai 62.000 BTS.  Untuk pelanggan data, disediakan 21.000 node B (BTS 3G) dengan bandwidth Internet sebesar 37.7 Gbps (Giga bit per second). (Bambang Dwi Atmoko)

 

Sumber : www.selular.co.id

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest