29 July 2013 11:00
Jika Anda pernah mendengar tentang proyek OLPC (one laptop per child), tampaknya proyek tablet tersebut masih berlangsung. Sekarang situs Electronista mengabarkan bahwa tablet Android XO Learning sudah tersedia di Walmart, berkat kemitraannya dengan Asosiasi One Laptop Per Child.
Tablet XO Learning berjalan pada sistem operasi Android, dan akan mengedepankan antarmuka khusus untuk menarik perhatian anak-anak. Kehadiran penutup sekaligus pelindung di bagian luar memastikan bahwa tablet akan “berbicara” dengan bahasa desain yang sama dari konsep asli One Laptop Per Child rancangan Yves Behar.
Pendiri Fuseproject dan Chief Designer dari OLPC sejak tahun 2006 Yves Behar mengatakan, “Tablet baru merupakan evolusi dari semua hal yang telah kita pelajari dengan Laptop XO asli. Antarmuka pengguna baru lebih berwarna dan mudah digunakan, sedangkan eksterior pelindung dari bahan karet membuatnya mirip dengan kait jari asli XO.
“Hardware jenis apa yang bisa Anda temukan di bawah tudung karet? Sebagai permulaan, tablet yang diproduksi oleh manufaktur Vivitar ini akan datang dengan Android 4.2.2 Jelly Bean langsung tanpa perlu upgrade. Tablet ini juga sudah bersertifikat Google untuk anak-anak yang disertai fitur multibahasa untuk boot. Ditunjang oleh prosesor dual-core 1.6GHz, yang berpadu dengan RAM 1GB , memori internal 8GB yang bisa ditambah dengan slot kartu memori microSD.
Perangkat lunak yang terkandung meliputi konten yang dikuratori dan dipilih oleh OLPC bekerjasama dengan Common Sense Media agar sesuai-usia pengguna. Perangkat lunak yang disuntikkan berjumlah 100 aplikasi gratis, game, dan kumpulan buku. Alat kontrol orangtua khusus bernama Journal XO memungkinkan orangtua untuk melacak berapa lama waktu yang dihabiskan anak untuk masing-masing aplikasi, sehingga bisa memberikan wawasan mengenai minat dan bakat anak.
Layar utama disuguhkan dengan topik, bukan aplikasi. Informasi yang jelas untuk meningkatkan proses belajar anak dalam suatu section yang mudah diikuti dan diakses, merupakan elemen kunci dari sistem interface anak-sentris dari XO Learning. Kalimat “Aku ingin menjadi …” menjadi pembuka di setiap sistem software, permainan, dan aplikasi yang dikelompokkan mengitari mata pelajaran yang menarik menurut pengguna.
Jika kebetulan Anda sedang berada di Amerika, tablet Android XO Learning sudah tersaji di perusahaan retail terbesar di AS Walmart dengan banderol $149 atau sekitar Rp1,5 juta. (Nis)

 

Sumber : http://www.electronista.com (17/7/2013)