26 April 2014 10:00
Jika Anda berharap untuk melihat ponsel Windows Phone bertenaga Intel, atau mungkin ponsel Windows Phone menggunakan NVIDIA, MediaTek, atau bahkan prosesor Samsung, Anda mungkin harus menunggu sedikit lebih lama karena Microsoft baru-baru ini menyatakan komitmen mereka untuk chipset Qualcomm dan menambahkan kalau mereka tidak punya rencana untuk mendukung chipset lain dalam waktu dekat.

Hal ini diutarakan oleh Vineet Durani yang mengepalai divisi Windows Phone di Microsoft India. Durani baru-baru ini berbicara kepada Times India dengan berkata, “Kami tidak memiliki rencana untuk mengeksplorasi chipset (prosesor dan RAM dll) yang dibuat oleh vendor lain. Saat ini, perusahaan yang membuat Windows Phone harus menggunakan hardware Qualcomm.”

Namun Durani tidak sepenuhnya menutup pintu pada merek lain dengan mengatakan bahwa ia tidak bisa mengomentari masa depan, dan pada saat yang sama memuji produk Qualcomm dengan menambahkan bahwa tidak ada alasan untuk mencari di tempat lain untuk sekarang. Jadi mengapa Microsoft begitu ketat tentang hardware mereka? Sama seperti Apple, Microsoft berharap untuk bisa mengontrol hardware dan software dari awal sampai akhir.

Karena Anda mengikuti satu set tertentu dari spesifikasi, kinerja semua perangkat Windows Phone berada pada tingkat yang dapat diterima oleh kita,” tutur Durani. Qualcomm saat ini merupakan produsen terbesar dari chipset yang digunakan oleh smartphone dan tablet di seluruh dunia dan digunakan dalam semua tingkat perangkat keras, mulai dari smartphone low-end bahkan perangkat premium. (Nis)

Sumber : http://wmpoweruser.com (23/4/2014)