Monday, May 20, 2019
Home News Q4 2013, Nokia Jual 8,2 Juta Unit Smartphone Lumia

Q4 2013, Nokia Jual 8,2 Juta Unit Smartphone Lumia

-

26 January 2014 10:00
Nokia bertaruh sangat besar pada Windows Phone ketika menghentikan Symbian dan sepakat untuk mengembangkan smartphone yang hanya akan berjalan pada platform mobile besutan Microsoft tersebut. Jerih payah tim pemasaran Nokia mendekati target yang dicanangkan sebelumnya dengan berhasil menutup lebih dari 92 persen dari seluruh pasar Windows Phone secara global. Jajaran Lumia dinilai sangat berhasil terutama di pasar negara berkembang di mana Lumia 520 sendirian mampu memimpin serial Windows Phone tersebut. Ketika produsen ikonik itu memutuskan untuk menjual bisnis perangkatnya ke Microsoft, 2013 menjadi tahun terakhir bagi Nokia untuk berperan sebagai produsen handset penuh. Sayangnya, perusahaan masih belum bisa mencapai puncak target. Dari hasil laporan laba fiskal Q4 2013 yang baru saja dikeluarkan, Nokia membukukan kerugian sebesar US$270 juta dan mengakui bahwa penjualan smartphone dan ponsel fitur mereka merosot pada kuartal terakhir.
Nokia tidak menyebut berapa banyak ponsel Asha yang terjual dalam laporannya padahal seri Asha cukup populer di pasar negara berkembang. Namun Nokia menorehkan catatan bahwa sebanyak 8,2 juta unit smartphone Lumia terjual selama kuartal terakhir 2013. Angka tersebut turun 600.000 unit dari kuartal sebelumnya tahun lalu. Penurunan penjualan tersebut diungkap perusahaan akibat persaingan yang kian sengit di industri smartphone terutama dari perangkat Android murah.
Rentetan smartphone baru termasuk andalannya Lumia 1520 yang diresmikan pada bulan Oktober silam tidak cukup membawa lonjakan dalam penjualan secara keseluruhan. Microsoft dijadwalkan untuk menyelesaikan akuisisi bisnis hardware Nokia dalam kuartal ini yang kemudian dengan sendirinya bermetamorfosis menjadi OEM Windows Phone terbesar dunia. (Nis)

 

Sumber : http://www.nokia.com/ (23/1/2014)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest