12 August 2014 09:30
Penyedia citra satelit DigitalGlobe bakal meluncurkan satelit high-definition WorldView-3, pada 13 Agustus mendatang. Satelit ini akan memberikan foto resolusi tinggi pertama dari planet kita, sehingga memungkinkan layanan pemetaan seperti Google Maps untuk meningkatkan ke resolusi yang lebih tinggi.
Google dan Microsoft disinyalir bakal menerima manfaat besar dari pencitraan ruang canggih ini karena keduanya merupakan pelanggan DigitalGlobe. Terlebih, detail satelit saat ini cukup menakjubkan. DigitalGlobe mengklaim Worldview-3 akan menangkap resolusi sub-50cm, dan memungkinkan pandangan yang ekstra-tajam. Bahkan ibaratnya lubang got dan kotak surat akan terlihat jelas, menurut BBC pada postingan lalu (16/6/2014).
Saat ini, operator satelit komersial dilarang menjual gambar dengan resolusi yang lebih baik dari 50 cm untuk pelanggan, selain pemerintah AS. Dari awal 2015, batas akan dikurangi menjadi 30 cm, yang tak lain merupakan pecahan halus dari 31 cm.
‘Worldview-3 akan menawarkan resolusi tertinggi yang tersedia secara komersial dari sistem satelit di luar sana,” Walter Scott, CTO DigitalGlobe.
Penerus Worldview-2 ini akan beroperasi sekitar 383 mil di atas Bumi. Pada resolusi tinggi, perusahaan juga mengatakan satelit akan membantu melihat melalui asap dan mengidentifikasi kandungan air dan bahan lainnya. DigitalGlobe akan mulai menjual gambar ke publik setelah enam bulan operasi.
“Imaging kami digunakan oleh banyak negara dan pemerintah daerah untuk perencanaan kota,” kata Kumar Navulur, direktur produk di DigitalGlobe. Dia mengatakan gambar yang digunakan sering menjadi survei infrastruktur pada hal-hal seperti halaman belakang kolam renang. Gambar satelit menangkap cahaya kasat mata dan inframerah, yang dapat digunakan untuk memantau lingkungan. (Choi)

 

Sumber : http://www.digitalglobe.com/