28 January 2013 09:30

Saat perilisan resmi bulan Mei 2012 silam, salah satu fitur premium yang ditonjolkan di Samsung Galaxy S III adalah fitur Smart Stay yang bisa membuat layar smartphone tetap terlihat aktif selama penggunanya terus memandanginya, walaupun tidak disentuh. Fitur cerdas ini mengacu pada teknologi di kamera depan, sehingga bisa berfungsi untuk mengetahui apakah mata pengguna terbuka dan menatap layar, sehingga tidak akan mematikan layar.

Tidak sebatas itu saja Samsung memaksimalkan kegunaan kamera depan. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan sedang mengembangkan lebih banyak fitur di mana coba mengeksplor teknologi pada kamera menghadap ke depan tersebut. Bocoran seputar rencana itu terungkap dari pengajuan merek dagang yang baru-baru ini terdaftar. Disebut-sebut ada “Eye Pause” dan “Eye Scroll”.

Pengajuan hanya untuk merek dagang nama, dan sayangnya tidak mencakup informasi tentang apa dan bagaimana dua fitur itu bakalan bekerja. Namun, setidaknya mudah untuk membayangkan apa yang mungkin keduanya tawarkan.

Pada Eye Pause, kemungkinan fitur bekerja pada aplikasi multimedia. Misalnya, video akan berhenti otomatis ketika pengguna tidak dalam keadaan menatap layar atau saat menoleh. Satu lagi, Eye Scroll terdengar seperti fitur yang secara otomatis akan mendeteksi di mana mata pengguna pada saat menelusuri sesuatu di halaman layar, untuk mengetahui apakah harus bergulir ke atas atau ke bawah halaman web, pesan teks, atau dokumen lainnya. Berbeda dengan fitur pertama, ini akan membutuhkan beberapa pelacakan mata yang cukup akurat.

Belum ada kepastian kapan Samsung akan menyematkan kedua fitur serupa Smart Stay tersebut pada perangkat barunya. Menurut dugaan, ada kemungkinan Galaxy S IV yang bakal rilis beberapa bulan lagi akan menjadi smartphone pertama yang dibekali fitur Eye Pause dan Eye Scroll itu. Kita nantikan saja. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.gsmarena.com