Monday, May 20, 2019
Home News Samsung Bakal Telurkan Smartphone Tizen Agustus Depan

Samsung Bakal Telurkan Smartphone Tizen Agustus Depan

-

20 March 2013 11:00
Samsung dikenal sebagai vendor handset terkemuka di dunia. Pabrikan asal Korea Sealatan itu nampaknya tidak hanya mau bermain di sektor smartphone Android melulu, namun juga merambah dengan sistem operasi mobile lainnya. Kini, Samsung disebut-sebut akan menghadirkan smartphone berbasis Tizen. Ponsel cerdas tersebut diisukan bakal muncul di bulan Agustus mendatang.

Bocoran perihal datangnya smartphone Tizen ini bermula dari pernyataan Executive Vice President Samsung, Lee Young-hee. Young-hee mengatakan bahwa “Smartphone Tizen akan hadir di segmen high-end, yang akan dirilis sekitar kuartal ketiga yaitu antara bulan Agustus atau September”. Sayangnya, hingga kini belum ada informasi mendalam mengenai spesifikasi yang ditawarkan.

Untuk perangkatnya, Samsung sudah memperlihatkan prototipe handphone yang menggunakan sistem operasi Tizen sejak bulan Mei lalu 2012 lalu. Prototipe handphone berbasis Tizen dari Samsung ini memiliki spesifikasi yang setara dengan smartphone mid-end yang sudah beredar saat ini.

Nama Tizen memang tidak setenar Android maupun iOS. Namun Tizen sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis open source atau bersifat terbuka yang dikhususkan untuk perangkat berbasis mobile. Sebenarnya inti dari OS ini adalah kernel yang berbasis Linux. Tizen ini merupakan hasil kerjasama antara Samsung dengan pihak Linux Foundation.

Selain Samsung, vendor lain yang dikatakan bakal mengunakan OS Tizen untuk keluaran smartphone masa depannya adalah Fujitsu, NEC, Huawei, dan Panasonic.Tidak hanya perusahaan besar berbasis perangkat teknologi saja, namun dari sektor operator seluler pun Tizen mendapat dukungan, seperti dari NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.engadget.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest